Xiaomi Berencana Akan Merilis 10 Smartphone 5G pada 2020

0
1842
Xiaomi Berencana Akan Merilis 10 Smartphone 5G pada 2020

Tahun 2020, diprediksi sebagai awal perlombaan smartphone dengan teknologi jaringan 5G. Salah satu pemain di industri ini, Xiaomi, dilaporkan berencana meluncurkan lebih dari 10 smartphone 5G pada 2020.

Hal tersebut telah diungkap oleh CEO Xiaomi Lei Jun saat berbicara di World Internet Conference di Wuzhen, China, pada Minggu (20/10). Menurut laporan Reuters, Lei Jun menjelaskan saat ini Xiaomi sedang menghadapi persaingan ketat di China dengan Huawei Technologies, khususnya dalam pengembangan smartphone 5G.

Bulan lalu, Xiaomi meluncurkan Xiaomi Mi 9 Pro, smartphone berkemampuan 5G pertama Xiaomi untuk pasar domestik. Menurut Jun, permintaan untuk perangkat itu melebihi harapan perusahaan dan menyebabkan masalah rantai pasokan.

Respons positif terhadap Mi 9 Pro telah mendorong Xiaomi untuk meluncurkan lebih banyak model smartphone 5G untuk tingkatan harga tinggi, menengah, dan rendah tahun depan.

“Orang-orang di industri khawatir bahwa model 4G tahun depan tidak akan laku, ini adalah langkah yang Anda tidak punya pilihan selain mengambil,” kata Lei. “Jadi kami berharap operator dapat mempercepat perluasan jaringan 5G mereka.”

Pada kuartal dua 2019, Xiaomi meraih 11,8 persen pangsa pasar smartphone di China, turun dari 13,9 persen dalam periode yang sama pada tahun sebelumnya menurut data riset Canalys.

Semua merek top China lainnya juga dilaporkan mengalami penurunan volume penjualan karena konsumen berbondong-bondong pindah ke Huawei, yang sebagian didorong oleh patriotisme. Huawei menjadi pusat ketegangan perang dagang AS-China sehingga mendapatkan sanksi perdagangan oleh pemerintah AS.

Xiaomi telah memperluas jangkauan pasarnya ke Eropa dan cukup sukses. Pangsa pasar Xiaomi di wilayah ini selama kuartal kedua 2019 mencapai 9,6 persen, naik dari 6,5 persen tahun sebelumnya, menjadikannya salah satu brand smartphone yang paling cepat berkembang di Eropa.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut riset Canalys pada kuartal dua 2019, Xiaomi menduduki posisi ketiga dalam daftar smartphone terlaris di Indonesia dengan pangsa pasar 19 persen. Xiaomi berada di belakang Samsung dan Oppo yang masing-masing berada di posisi pertama dan kedua.

Soal kemunculan smartphone Xiaomi dengan teknologi 5G di Indonesia, kemungkinan besar tidak akan terjadi pada 2020. Alasannya, perkembangan jaringan 5G masih belum masif di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here