Waktu Terbaik untuk Beli Rumah

0
1912
Waktu Terbaik untuk Beli Rumah

VIVAnews – Rumah jadi salah satu kebutuhan primer di dalam kehidupan Anda, sama pentingnya dengan kebutuhan pangan dan sandang. Apapun kondisi kehidupan ekonomi Anda, sangat penting untuk memiliki sebuah rumah pribadi.

Sepanjang hidup, setiap orang akan membutuhkan tempat tinggal, begitu juga dengan Anda. Sehingga semakin cepat memiliki sebuah rumah, makin baik pula bagi kehidupan Anda.

Namun pada kenyataannya, sebagian besar orang akan setuju bahwa membeli rumah bukanlah hal yang mudah dilakukan. Harga rumah yang tinggi menjadi alasan utama di balik sulitnya memiliki aset berharga yang satu ini.

Anda harus mengeluarkan bujet yang besar jika ingin memiliki sebuah rumah, bahkan meski membelinya secara KPR. Selain itu, memilih waktu yang tepat membeli juga menjadi hal penting untuk diperhatikan.
–– ADVERTISEMENT ––

Selain mempersiapkan bujet yang memadai, pemilihan waktu yang tepat seperti ini juga akan berpeluang membuat Anda mendapatkan harga paling menguntungkan untuk rumah idaman Anda.

Lalu, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk beli rumah itu? Tak perlu bimbang, inilah pilihan waktu yang tepat buat beli rumah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Saat Masih Lajang itu Lebih Baik

Membeli rumah itu tidak harus bagi yang sudah menikah saja. Justru beli rumah pada saat masih lajang itulah waktu yang tepat karena kebutuhan hidup tidak sebanyak bagi yang sudah berkeluarga apalagi memiliki anak.

Meski Anda masih lajang, memiliki sebuah rumah tentu tetap menjadi kebutuhan. Hal ini harus segera wujudkan, ketika Anda sudah memiliki dana yang memadai untuk kebutuhan tersebut.

Rumah bisa dijadikan sebagai salah satu investasi bagi masa depan Anda. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk merencanakan kehidupan berumah tangga nantinya, jika Anda sudah memiliki sebuah rumah.

Jika Anda sudah berumah tangga dan belum memiliki rumah, maka punya rumah secepatnya tentu jadi kebutuhan penting yang perlu dipenuhi. Semakin cepat beli rumah, makin baik pula karena kelak Anda akan memiliki banyak kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi di dalam rumah tangga kelak.

2. Sudah Punya Pekerjaan Tetap

Punya pekerjaan tentunya jadi syarat mutlak bagi yang ingin membeli rumah, terutama dengan cara KPR. Sebab tanpa penghasilan tetap, uang dari mana buat bayar cicilannya?

Kini, syarat pengajuan KPR sudah lebih dipermudah. Jika dulu harus karyawan tetap, kini pekerja paruh waktu atau freelancer juga bisa mengajukan KPR. Ya, selama memiliki penghasilan, bank memberikan kepercayaan untuk memberikan kredit.

Punya penghasilan, terlebih lagi jika sudah menjadi pegawai tetap, Anda punya kepastian karier yang lebih baik di dalam perusahaan, termasuk kepastian dalam penghasilan bulanan. Sehingga Anda sudah bisa menempatkan sejumlah cicilan yang tetap di dalam keuangan.

Ini merupakan salah satu momen terbaik bagi Anda untuk membeli sebuah rumah. Meski tidak langsung bisa mengajukan KPR ke bank, namun Anda sudah bisa mulai mengalokasikan sejumlah dana ke dalam rekening tabungan rumah ini.

Mulailah kumpulkan uang muka rumah setelah Anda menjadi pegawai tetap. Sehingga impian Anda memiliki rumah akan semakin mudah diwujudkan.

Hal ini bahkan akan semakin mudah, jika ternyata sebelumnya Anda sudah memiliki sejumlah tabungan yang bisa dialokasikan sebagai uang muka. Sehingga Anda bisa segera mengajukan KPR secepatnya.

3. Saat Sudah Punya Uang Muka

Membeli rumah dengan cara mengajukan KPR sudah menjadi pilihan banyak orang, mengingat harga rumah memang terbilang mahal. Saat Anda sudah memiliki sejumlah uang muka yang memadai, maka ini juga akan menjadi momen terbaik untuk beli rumah.

Menyiapkan uang muka dalam jumlah yang tepat merupakan hal penting. Sebab akan mempermudah Anda mengajukan KPR ke bank.

Untuk mempercepat Anda mencapai jumlah uang muka ini, lakukan investasi di dalam keuangan Anda. Pilih instrumen investasi yang tepat dan kelola dengan cara tepat, sehingga uang muka rumah Anda bisa segera terkumpul sesuai kebutuhan.

4. Rumah yang Dijual Cepat

Sesekali kesempatan emas seperti ini akan datang dalam kehidupan Anda, di mana seorang pemilik rumah membutuhkan uang dalam waktu cepat dan ingin segera menjual rumahnya.

Biasanya, harga yang ditawarkan lebih murah dari harga pasaran dan Anda bisa manfaatkannya sebagai keuntungan tersendiri. Anda bisa menjadikan ini sebagai kesempatan terbaik untuk segera memiliki sebuah rumah pribadi.

5. Saat Harga Properti Murah

Ada waktu di mana harga properti tidak mengalami kenaikan atau berada di titik rendah alias murah. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk rendahnya nilai tukar rupiah dan juga berbagai dampak dari kondisi perekonomian negara kita.

Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk membeli rumah impian dengan harga terbaik. Tentu saja momen harga properti di harga yang paling murah akan selalu terjadi setiap saat ketika permintaan sedikit namun ketersediaan rumah cukup banyak.

6. Saat Kondisi Keuangan Stabil

Saat Anda tidak memiliki hutang dan dalam kondisi keuangan yang prima, membeli rumah tentu bisa menjadi keputusan yang tepat. Anda bisa fokus pada kebutuhan yang satu ini, termasuk mengalokasikan lebih banyak dana untuk mempersiapkan pembeliannya.

Semakin baik kondisi keuangan Anda, maka akan makin mudah juga Anda membeli rumah impian tersebut. Jadi, ketika kondisi keuangan Anda stabil, jangan lagi tunda untuk membeli properti.

Pilih Momen Terbaik dan Paling Menguntungkan saat Beli Rumah

Punya rumah memang bukan hal yang mudah, namun Anda tetap bisa mengupayakan untuk mewujudkan impian Anda memiliki sebuah rumah pribadi. Cermatlah untuk melihat momen terbaik, di mana Anda bisa membeli rumah dengan lebih mudah. Pilih momen terbaik yang paling tepat dan menguntungkan, agar Anda bisa segera memiliki rumah impian Anda secepatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here