Toyota Pamerkan Robot yang Disiapkan untuk Ajang Olimpiade 2020 di Tokyo

0
1889
Toyota Pamerkan Robot yang Disiapkan untuk Ajang Olimpiade 2020 di Tokyo

TOKYO, KOMPAS.com – Tokyo Motor Show 2019 yang sedang berlangsung sejak 24 Oktober-4 November, tidak hanya memamerkan teknologi kendaraan masa depan, tetapi juga teknologi industri robot dan segala kemungkinannya.

Toyota, pemilik area terluas di Tokyo Motor Show 2019, tidak hanya memamerkan kendaraan-kendaraan berteknologi tinggi untuk masa depan, tetapi juga sejumlah robot yang disiapkan untuk ajang Olimpiade 2020 di Tokyo.

Bagi Toyota, teknologi robot yang dipamerkan ditujukan sebagai pendukung mobilitas manusia, seperti dijumpai Kompas.com saat pembukaan pameran Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight, Kamis (24/10/2019).

Salah satunya robot itu adalah T-HR3 (Humanoid Robot) yang tidak hanya bisa meniru gerakan, tetapi juga merespons gerakan manusia, seperti melambaikan tangan untuk membalas salam.

Robot yang tampilannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu berinteraksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk manusia, seperti menutup botol minum.

Pengunjung terkesima dengan kemampuan robot yang ditunjukkan di ajang pameran teknologi otomotif terbesar di dunia itu.

Seperti diketahui, Tokyo Motor Show merupakan satu dari lima pameran teknologi otomotif terbesar di dunia, selain Detroit, Jenewa, Frankfurt, dan Paris
Membawa kegembiraan

Secara khusus, dengan robot-robot itu, Toyota hendak membantu para atlet dan mereka yang mengalami keterbatasan gerak di ajang Olimpiade 2020 di Tokyo.

“Toyota hendak membawa kegembiraan dan kebebasan bergerak untuk semua,” ujar Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Apa yang dilakukan Toyota dengan robot ini menjelaskan pergeseran perusahaan otomotif terbesar di dunia itu ke arah “perusahaan mobilitas”.

“Ini adalah bentuk dari masyarakat mobilitas masa depan yang kita impikan bersama. Kami akan terus menciptakan produk mobilitas yang memiliki nilai dan disukai,” ujar Akio Toyoda.

Tokyo Motor Show 2019 yang merupakan pameran ke-46 ini menjadi ajang untuk mewujudkan pernyataan Akio Toyoda ini.

Secaera khusus, Toyota menyiapkan sejumlah robot yang bisa membantu dan menandai perhelatan Olimpiade 2020.

Pertama adalah FSR atau Field Support Robot yang bertugas membantu staf di arena Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020.

Bersama petugas lapangan, FSR bisa mengambil obyek yang dilempar di cabang atletik seperti

lembing dan cakram.

FSR dapat mengenali petugas lapangan melalui program artificial intelligent (AI) dan mengikutinya untuk mengambil lembing atau cakram.

Petugas memasukkan obyek ke dalam FSR dan selanjutnya menepuk bodi robot tersebut. Dengan kecepatan maksimal 20 km/jam, FSR akan kembali ke area pelemparan secara otonom, termasuk menghindar ketika ada rintangan.

Kedua adalah HSR (Human Support Robot) yang memiliki tugas mulia melayani orang sakit, kaum disabilitas dan para lanjut usia yang mengalami keterbatasan gerak.

Toyota berusaha membuat HSR agar dapat mengerjakan segala jenis pekerjaan, mulai dari yang ringan, seperti membawa gelas air, hingga membantu mengatur pola hidup pasien.

HSR bekerja memanfaatkan kamera, mikrofon, dan beragam sensor untuk

beroperasi yang didukung oleh teknologi AI.
Robot bermain basket

Ketiga adalah CUE 3, sebuah robot berteknologi artificial intelligent yang mampu bermain basket, dan nantinya dapat memberikan support teknis kepada atlet, untuk meningkatkan performa.

Keempat, Toyota memasukkan robot sebagai maskot Olimpiade 2020, yaitu Miraitowa/Someity.

Melalui robot maskot ini, Toyota berharap tidak hanya dapat memberikan bantuan kepada para atlet di olimpiade, tetapi bagaimana membuat sentuhan lebih luas khususnya kepada pengunjung anak-anak.

Robot maskot ini rencananya akan menjadi sebuah robot social dapat berinteraksi dan memberikan respons kepada pemiliknya.

Karena lebih banyak mengedepankan teknologi, Tokyo Motor Show 2019 bisa disebut juga sebagai pameran teknologi.

Teknologi yang diterapkan pada robot misalnya, bisa menghadirkan kegembiraan dan kebebasan bergerak. Sebuah tujuan yang hakikatnya juga dimiliki oleh sebuah kendaraan: kegembiraan dan kebebasan bergerak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here