Tips Agar Milenial Bisa Beli Rumah Tapi Masih Bisa Nabung

0
1695
Tips Agar Milenial Bisa Beli Rumah Tapi Masih Bisa Nabung

NEW YORK,KOMPAS.com – Hampir separuh dari jumlah milenial yang merasa stres setelah membeli rumah.

Adapun hal yang membuat stres usai membeli rumah adalah sulitnya mencapai tujuan finansial. Misalkan saja kekhawatiran apakah masih bisa menabung untuk membayar biaya sekolah anak-anak.

Bagi milenial, membayar uang sekolah anak-anak prioritas utama. Mengutip CNBC Selasa (5/11/2019), 59 persen generasi milenial di Amerika Serikat menyebutkan bahwa mereka menunda tabungan pensiun untuk untuk menutupi kebutuhan pendidikan tinggi anak-anak mereka.

Sayangnya biaya kepemilikan rumah tidak membuat tujuan ini lebih mudah.

Jika Anda mengikuti tabungan rencana pendidikan, maka otomatis akan menjadi bentuk hutang yang harus Anda lunasi dengan cicilan setiap bulannya.

Tak heran dampak membeli rumah atau mencicil rumah ini akan mempengaruhi tujuan keuangan jangka panjang dalam hal finansial Anda.

Maka dari itu, perlu cara-cara jitu agar membeli rumah tidak mencadi sebuah bentuk ancaman bagi Anda kedepannya. Dengan kata lain, cobalah untuk mengontrol jumlah pembelian dan pengeluaran Anda.

Berikut adalah empat tips untuk membeli rumah tanpa menghabiskan anggaran Anda.

1. Pertimbangkan lokasi

Saat memutuskan memilih rumah, hal penting adalah nominal gaji tahunan Anda yang disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan Anda sehari-hari. Memiliki keluarga, pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Saat Anda berusaha menghemat uang Anda untuk membeli rumah, ada baiknya jika Anda dapat mempertimbangkan kebutuhan rumah yang lebih kecil atau menyesuaikan dengan jumlah keluarga Anda.

Pilihlah lokasi-lokasi yang sedikit jauh dari perkotaan, namun akses-akses seperti rumah sakit, transportasi dan sekolah tersedia tidak jauh dari kawasan Anda. Selanjutnya pertimbangkan untuk membeli rumah subsidi dari pemerintah atau perumahan yang memberikan keringanan biaya.

2. Sediakan jumlah pembayaran awal yang tinggi

Membeli rumah secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah) umumnya dilakukan oleh millennial saal ini. Namun, untuk mengurangi beban Anda secara tahunan, ada baiknya jika Anda meningkatkan nilai pembayaran awal Anda.

Maka dari itu, siapkanlah diri Anda secara finansial dengan terlebih dahulu menabung untuk memaksimalkan pembayaran awal.

Sehingga, dalam proses pembayaran cicilan, bunga, pajak dan lain-lain tidak mempengaruhi tabungan masa depan Anda.

3. Investasikan rumah Anda

Jika Anda sudah melunasi rumah Anda, maka cara terbaik agar asset Anda tetap berputar adalah dengan menginvestasikan nilai rumah Anda.

Selain mendapatkan selisih dari nilai investasi Anda, nominal selisih ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan perencanaan finansial Anda di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here