Seorang Ilmuwan Republik Ceko Cari Cara Bercocok Tanam di Mars

0
1681
Seorang Ilmuwan Republik Ceko Cari Cara Bercocok Tanam di Mars

Beragam cara ditempuh para ilmuwan untuk bisa mewujudkan kehidupan di Mars, termasuk tentang bagaimana menghasilkan pasokan makanan. Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan asal Republik Ceko melakukan sebuah eksperimen untuk mencari tahu cara bercocok tanam paling tepat di planet merah itu.

Para peneliti sadar bahwa lingkungan ekstrem di Mars, yang kurang air, akan menyulitkan manusia untuk menanam bahan makanan. Itu sebabnya mereka membuka laboratorium untuk eksperimen bercocok tanam dengan kondisi ekstrem yang serupa dengan Mars. Eksperimen ini diberi nama ‘Marsonaut’.

Eksperimen ‘Marsonaut’ yang dilakukan oleh Jan Lukcevic bersama timnya dari Prague University of Life Sciences ini berdasarkan konsep aeroponik. Itu artinya, cara bercocok tanam semacam ini sama sekali tak membutuhkan media tanah untuk tumbuhnya akar dan tubuh tanaman. Alternatif ini juga dipilih ilmuwan karena penggunaan airnya yang cukup minim.

Aeroponik sekaligus menjadi solusi menanam tumbuhan di lahan yang terbatas. Dengan teknik ini, tanaman bisa disusun baik secara vertikal maupun horizontal dengan menyesuaikan lahan.

Dalam proyek ini, Lukacevic dan tim bereksperimen dengan mengubah suhu dan cahaya. Sejauh ini, mereka telah berhasil menumbuhkan tanaman moster, daun selada, lobak, dan rempah-rempah, seperti kemangi dan mint. Hasil panennya bahkan telah mereka nikmati pada pekan lalu.

“Rasanya sangat enak, karena mereka tumbuh di lingkungan yang terkendali dan kami membekalinya dengan nutrisi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan,” terang Lukacevic, seperti dilansir Reuters.

Kesuksesan ini terus memotivasi Lukacevic dan kawan-kawan. Mereka bahkan berencana menumbuhkan stroberi dengan teknik aeroponik.

Aeroponik dikenal sebagai metode bercocok tanam dengan penggunaan air yang 95 persen lebih sedikit dibandingkan budidaya tanaman dengan cara konvensional. Karena bisa menghemat ruang, teknik seperti ini dapat diandalkan di daerah-daerah perkotaan yang memiliki lahan terbatas.

Selain itu, teknik bercocok tanam aeroponik juga dinilai cukup menjanjikan untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya di daerah yang terkena dampak perubahan iklim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here