Sejumlah 25 JPO di Jakarta Dirancang Lebih Kekinian

0
909
Sejumlah 25 JPO di Jakarta Dirancang Lebih Kekinian

Jakarta: Sebanyak 25 jembatan penyeberangan orang (JPO) akan dibangun di Jakarta. JPO tersebut akan didesain dengan futuristik dan lebih kekinian sehingga bisa memanjakan warga milenial.

Salah satu sentuhan yang sudah dinikmati remaja dan warga Jakarta adalah JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan.

JPO yang bertengger di atas Jalan Jenderal Sudirman itu, tidak pernah sepi dari kehadiran anak-anak milenial. Warna-warni cahaya JPO membuat aksi swafoto mereka sangat instagramable.

“Seperti harapan kami, kehadiran JPO diharapkan dapat menambah pengalaman baru bagi warga Jakarta. Karena itu, kami targetkan lima tahun ke depan, sedikitnya ada 25 JPO baru yang dibangun, futuristis, dan modern,” papar Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho, kemarin.

Diharapkan seluruh JPO tersebut dapat rampung dibangun hingga 2021 mendatang. “Selain penataan trotoar, kami juga membangun sarana penunjangnya berupa JPO. Sudah dimulai sejak 2018 dan akan terus berlanjut empat tahun ke depan.”

Hari memerinci lima JPO yang sudah dibangun sejak 2018, yakni JPO Jelambar, JPO Sumarno, JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno, dan JPO Bundaran Senayan. Tahun ini, sedang dibangun JPO Daan Mogot dan JPO Pasar Minggu.

Pembangunan kedua JPO ini sudah mencapai 70 persen dan diharapkan pada akhir tahun sudah dapat rampung. “Kenapa tahun ini hanya dua JPO yang dibangun, itu karena adanya gagal lelang beberapa JPO. Gagal lelang disebabkan tanah belum siap dibebaskan,” ujar Hari.

Karena itu, pembangunan JPO lainnya akan didorong pada 2020. Total tahun depan ada 18 JPO baru.

Hari menjelaskan, untuk pembangunan satu JPO membutuhkan anggaran sebesar Rp10 miliar. Sebelum membangun, Dinas Bina Marga DKI Jakarta mendapatkan rekomendasi dari Dinas Perhubungan DKI.

Salah satu faktor yang mengharuskan adanya JPO di lokasi tertentu ialah sering terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Semua JPO ini akan kita buat semenarik mungkin. Tidak akan ada JPO yang sama, satu dengan yang lainnya,” tambahnya.

Demi warga, Semua JPO akan dilengkapi dengan sistem lampu red green blue (RGB) yang bisa menghasilkan 100 warna. Dengan tata konstruksi yang menawan, JPO akan selalu tampil dengan wajah baru. “Ada juga lift bagi warga lanjut usia dan warga disabilitas,” janji Hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here