Sate Klopo Khas Surabaya

0
1791
Sate Klopo Khas Surabaya

KOMPAS.com – Seperti namanya, sate klopo diambil dari bahasa Jawa artinya sate kelapa.

Jadi sate klopo ala Surabaya ini adalah sate daging sapi dan lemak yang dibungkus dengan bumbu olahan kelapa lalu dibakar. Lapisan ini yang membuatnya unik.
–– ADVERTISEMENT ––

Bumbu olahan menghasilkan aroma yang khas dan menambah rasa yang nikmat ke daging sapi yang dibakar. Biasanya sate kelapa disajikan dengan lontong ataupun nasi.
Dari pagi buta sampai tengah malam

Sate Klopo Surabaya sangat populer. Ini yang membuat pengunjung rela antre cukup panjang dan kerap kali kehabisan di kedainya.

Salah satu kedai sate klopo paling terkenal di Surabaya adalah kedai Sate Klopo Ondomohen atau yang sekarang berada di jalan Wali Kota Mustajab.

Nama Ondomohen itu sendiri berasal dari bahasa Belanda. Ondomohen berasal dari nama jalan dimana kedai ini pertama kali berdiri.

Saat ini, meskipun nama jalan berganti, kedai ini tetap memakai nama Ondomohen karena sudah lama melekat di hati pelanggan.

Kedai sate Ondomohen didirikan oleh Ibu Asih. Saat ini, orangnya sudah sepuh.

Kedai sate Ondomohen dulunya hanya buka dari jam 6 pagi sampai jam 1 siang saja. Lalu, semenjak makin banyaknya pelanggan, jam bukanya menjadi 6.30 sampai 11.30 malam.

Sebagai informasi, kedai tersebut tak hanya menyediakan sate kelapa, ada juga sate ayam yang tidak kalah enak dan empuknya.

Untuk harga, seluruh sate di sana berkisar Rp 20.000 per porsi. Setiap porsi, pembeli akan mendapatkan sepuluh tusuk sate dengan pilihan tambahan nasi atau lonong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here