Resep Sup Wortel yang Padat Gizi

0
1834
Resep Sup Wortel yang Padat Gizi

Moms, sayuran apa yang biasanya Anda andalkan saat hendak membuat makanan bayi? Jangan lupakan wortel, lho! Pasalnya, wortel kaya nutrisi dan vitamin esensial yang akan sangat berguna bagi kesehatan si kecil. Dan yang dimaksud di sini bukan cuma soal kesehatan mata saja.

Ya Moms, wortel memiliki kandungan gula alami yang lebih tinggi daripada kebanyakan sayuran lain sehingga cocok untuk diolah jadi makanan bayi. Manisnya wortel dan warnanya yang menarik pun membuat bayi mudah menyukainya.

Coba saja olah jadi sup wortel! Selain untuk bayi, Anda bisa memasaknya dalam porsi yang lebih banyak untuk dinikmati juga oleh anggota keluarga lainnya.

Yuk, simak resepnya yang sudah disiapkan oleh kumparanMOM untuk Anda di sini:

Bahan:

8 batang wortel ukuran besar, cincang halus

1 sdm minyak zaitun (bisa diganti dengan mentega)

1 buah bawang bombay, cincang halus (bisa juga diganti dengan daun bawang)

2 siung bawang putih, cincang halus (bisa dihilangkan bila tidak suka)

Kaldu ayam atau sayuran (gunakan kaldu ayam atau sayuran buatan sendiri untuk menjaga kadar natrium lebih rendah untuk bayi)

Bay Leaf secukupnya (bila tidak ada, dapat diganti dengan selembar daun salam)

1 liter (4 cangkir) kaldu sayur atau ayam

Cara Memasak:

Panaskan minyak zaitu dalam panci sup besar, di atas api sedang. Tambahkan bawang dan bawang putih, lalu kecilkan api. Tumis hingga berubah warna dan tercium harum.

Tambahkan wortel, aduk selama beberapa menit.

Tambahkan kaldu dan daun salam, tutup panci dan biarkan mendidih (kira-kira 30 menit). Anda bisa memberi lebih banyak jika suka sup yang agak encer atau justru menguranginya, bila ingin lebih kental.

Setelah itu blender halus hingga mencapai tekstur yang sesuai untuk bayi Anda dan sajikan.

Bila ingin rasanya lebih segar, Anda juga bisa menambahkan sedikit air perasan jeruk manis sebelum wortel diblender, Moms. Mau diberi tambahan ASI perah? Boleh, juga! Masukkan saja setelah wortel diblender dan tidak panas.

Tapi ingat ya Moms, tak perlu menambahkan gula atau garam bila hendak menyajikan sup ini pada bayi! Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tidak merekomendasikan pemberian gula dan garam untuk makanan bayi di bawah usia 1 tahun.

Bila usia bayi sudah lebih dari 1 tahun, barulah Anda bisa memberikan tambahan gula dan garam bila memang dirasa perlu. Selain itu, Anda juga bisa memberi tambahan susu sapi.

Ingin membuat variasi lain di samping tambahan air jeruk? Bisa saja! Untuk anak yang lebih besar atau anggota keluarga lainnya, Anda bisa menyajikan sup ini dengan potongan roti kering, irisan smoked beef, taburan keju parut, hingga cincangan kenari. Hmm…enak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here