Pesawat Penjelajah Mars Pertama Milik China

0
1670
Pesawat Penjelajah Mars Pertama Milik China

Suara.com – China berencana untuk melakukan eksplorasi pertamanya di Mars dengan menggunakan penjelajah. Baru-baru ini, sebuah foto di dunia maya memperlihatkan penampakan dari penjelajah Mars pertama milik China.

“Misi ini akan berjalan dengan lancar. Penjelajah Mars akan diluncurkan pada tahun 2020 dan mendarat di Mars sebelum tahun 2021,” ucap Ye Jianpei, Kepala Ilmuwan Space Science and Deep-space Exploration with the Chinese Space Technology Academy.

Dilansir Space.com, penampakan dari pesawat ruang angkasa yang dienkapsulasi di dalam aeroshell yang berbentuk seperti kepompong itu dibuat oleh China Aerospace Technology Corporation.

Disebutkan bahwa benda itu akan menjadi pengorbit, pendarat, sekaligus penjelajah Mars.

Misi tersebut dirancang untuk memeriksa atmosfer, lanskap, karakteristik geologis, dan magnetik Mars yang diharapkan dapat memberikan petunjuk tentang asal-usul dan evolusi Mars dan tata surya.

“Penjelajah Mars ini sangat inovatif. Jika terbukti sukses, itu akan menjadi pertama kalinya di dunia yang dapat menyelesaikan tiga tugas dalam satu misi,” ujar Ye Jianpei.

Untuk mencapai Mars, pesawat ruang angkasa akan dikirim ke orbit geosynchronous melalui roket Long March 5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here