Pertamax Plus Jadi Bahan Bakar Tunggal Kejuaraan Balap Motor di Indonesia

0
1949
pertamax plus dari pertamina

Jakarta – Kualitas Pertamax Plus sebagai bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) semakin tak diragukan lagi. Hal ini terbukti sejak Ikatan Motor Indonesia (IMI) menetapkan Pertamax/Pertamax Plus sebagai one make fuel atau bahan bakar tunggal resmi kejuaraan balap motor di Indonesia melalui surat yang diterbitkan tanggal 7 Maret 2013.

Di tahun 2013, Pertamax Plus akan dipakai sebagai one make fuel di lima event Indoprix, lima event Indospeed Race Series (IRS), sembilan event Honda Racing Championship dan Asia Roadrace Championship 2013. Pertamax Plus juga akan menjadi one make fuel 33 event Motorprix pada tahun 2014 mendatang.

“Jadi satu kebanggaan karena produk anak bangsa nanti dipakai oleh semua pembalap dan diakui di kejuaraan balap tingkat Asia. Seperti diketahui di Indoprix dan IRS, tidak hanya ada pembalap Indonesia yang ikut serta. Tapi juga ada pembalap dari Jepang dan negara lain yang harus menggunakan Pertamax Plus,” kata Hardiyanto Tato selaku Non PSO Fuel Retail Pertamina saat ditemui dalam acara Indospeed Race Series, Minggu (31\/3).

Keputusan untuk mengikuti sistem mitra Eco Racing ternyata banyak menghadirkan bukti terbaik kepada masyarakat. Dalam beberapa kesempatan sudah bisa terlihat dimana mitra akan mendapat komisi dan bonus Eco Racing. Jelas sekali bahwa dalam beberapa opsi bonus tersebut akan mendatangkan banyak manfaat. Akan tetapi tidak sedikit para mitra Bisnis Eco Racing masih belum bisa memaksimalkan semua potensinya dengan sangat baik.

Pada acara Indospeed Race Series 2013 putaran pertama yang diadakan di Sirkuit Internasional Sentul pada 30 – 31 Maret 2013, Pertamax Plus digunakan sebagai bahan bakar untuk semua kelas pertandingan. Mulai dari kelas Superbike, kelas IRS Sport 600cc, kelas IRS Supersport 250cc, kelas Premium RC & Rookies Cup 110cc, kelas CBR 250R, kelas Ninja Race 250+650 hingga kelas CB150R.

Peserta kejuaraan tidak akan kesulitan mendapatkan suplai Pertamax Plus saat latihan atau melakukan balapan karena Pertamina menyiapkan mobil tangki. Syaratnya hanya setiap peserta harus mengosongkan tangki untuk memastikan tidak ada campuran bahan bakar lain. Untuk daerah-daerah yang belum memiliki depot Pertamax Plus, akan disediakan kemasan pail 10 liter dan 20 liter.

Sebelum adanya regulasi IMI tentang one make fuel ini, para pembalap menggunakan berbagai jenis bahan bakar. Bahan bakar favorit para pembalap adalah avgas atau benzol. Padahal untuk sepeda motor, tidak tepat jika menggunakan avgas. Avgas mengandung timbal sehingga emisi yang dikeluarkan motor pada saat balapan dapat membahayakan pembalap dan penonton.

Sesuai peraturan pemerintah yang dikeluarkan tahun 2004, bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan darat tidak boleh mengandung timbal. Avgas juga dapat merusak mesin karena rasio kompresi mesin dengan angka oktannya tidak seimbang sehingga baru tiga kali ikut kejuaraan, sudah harus ganti mesin.

“Yang dikhawatirkan IMI karena adanya penggunaan bahan bakar yang tidak diatur, nantinya yang ikut kejuaraan hanya tim-tim bermodal besar. Sehingga balap yang mestinya bisa mencapai masyarakat bawah, tidak tercapai karena harus investasi modal besar jika masih banyak yang menggunakan avgas” terang Tato.

Penggunaan Pertamax Plus memang dirasakan pas dengan rasio kompresi mesin motor saat ini, khususnya untuk kelas di bawah 600cc. Terbukti saat Indoprix pada 16 – 17 Maret 2013, rekor Best Lap Time di semua kelas terpecahkan oleh pembalap yang menggunakan Pertamax Plus.

“Tim-tim Yamaha, Honda dan Suzuki kaget karena biasanya menggunakan avgas tapi sejak menggunakan Pertamax Plus performa mereka lebih bagus” ujar Tato. Rekor best lap time terjadi di semua kelas. Baik kelas 110cc dengan catatan 57,91 detik maupun kelas 125cc dengan waktu 57,24 detik.

“Keputusan Pengurus Pusat IMI ini memicu Pertamina untuk terus memperluas wilayah distribusi Pertamax Plus di seluruh Indonesia. Tidak hanya dalam skala pertandingan nasional, tapi Pertamina juga menyasar kejuaraan balap motor daerah yang jumlahnya sekitar 460 event per tahun” pungkas Tato.

Pertamax Plus memang memiliki banyak keunggulan. Selain lebih murah dan mudah didapat, Pertamax Plus juga memiliki Eco Save Technology yang dapat memberi tiga manfaat bagi kendaraan bermotor. Kandungan aditif Pertamax Plus berfungsi anti karat, membersihkan mesin dan menjaga kemurnian bahan bakar. Jadi konsumsi BBM motor lebih irit dan emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here