Perlu Diperhatikan Dalam Melek Finansial

0
1014
Perlu Diperhatikan Dalam Melek Finansial

JAKARTA, KOMPAS.com – Di era cashless ini, Anda memang dituntut untuk melek finansial. Pasalnya, dengan segala kemudahan bertransaksi non tunai inijustru bisa membuat kita lebih boros.

Untuk melek finansial, Anda mesti belajar dengan memerhatikan beberapa hal, seperti mulai belajar mencatat pengeluaran, mempraktikkan kiat-kiat dari perencana keuangan, hingga mempelajari cara berinvestasi.

Berikut ini Kompas.com rangkum cara melek finansial ala blogger dan mompreneur Rahne Putri.

1. Harus terbuka

Untuk melek finansial yang mesti Anda lakukan pertama kali adalah membuka diri untuk belajar. Membuka diri berarti meluangkan waktu untuk mempelajari pengelolaan keuangan saat Anda memiliki waktu luang.

Terlebih, saat ini mencari tips mengelola keuangan tidak sesulit dahulu karena adanya penetrasi digital.

“Sekarang kelas-kelas digital itu banyak, kita bisa baca kiat-kiat dari financial planner di Instagram dan sosial media lain,” kata Rahne Putri beberapa waktu lalu.

2. Belajar investasi

Setelah mengerti porsi keuangan, belajar lah berinvestasi. Pelajari instrumen investasi mulai deposito, emas, saham, obligasi, dan sebagainya.

“Misalnya kalau dulu mungkin dulu tahunya hanya deposito. Sekarnag bisa pelajari emas, saham, obligasi, reksadana,” kata Rahne.

3. Lakukan

Tak cukup hanya belajar, Anda juga dituntut untuk mulai mencoba dan melakukan. Sebab, bila hanya belajar dan mencari tahu, Anda tidak akan mendapat apa-apa.

Rahne bilang, dengan belajar Anda justru akan semakin mengerti perbedaan maupun cara-cara berinvestasi dengan baik.

“Coba terjun juga sih. Nyaman atau enggak saat bertransaksi dengan instrumen itu. Coba rasakan, pantau-pantau. Itu titik belajarnya,” ucap dia.

“Jadi kita jangan takut untuk mencoba, karena kalau bicara risiko sudah pasti bakal tetap ada. Jalan saja suka berisiko kesandung, kalau mencari yang enggak ada risikonya ya enggak ada,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here