Perlu di Perhatikan Bank dan Kartu Kredit yang Ngasih Kamu Cicilan 0%

0
1442
Perlu di Perhatikan Bank dan Kartu Kredit yang Ngasih Kamu Cicilan 0%

Bagi pengguna kartu kredit pasti sudah tidak asing dengan cicilan 0%. Begitu ada program ini di merchant-merchant tertentu, langsung deh diserbu. Cicilan 0% memang menjadi senjata ampuh bank penerbit untuk mendongkrak transaksi, menarik minat pengguna baru kartu kredit, serta bikin pengguna lama makin loyal.

Program cicilan 0% adalah sebuah skema cicilan tanpa bunga yang dibayarkan setiap bulan untuk pemegang kartu kredit. Jadi Anda dapat melunasi tagihan sesuai harga beli. Biasanya jangka waktu angsuran 0%, yaitu 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Contoh, kalau Anda membeli ponsel pintar dengan kartu kredit cicilan 0% tenor 12 bulan seharga Rp12 juta, maka per bulannya, Anda membayar cicilan sebesar Rp1 juta (tanpa ada tambahan bunga).

Akan tetapi jika tidak memanfaatkan kartu kredit cicilan 0%, kemudian memilih untuk kredit langsung di merchant misalnya, harga ponsel Rp12 juta bisa menjadi Rp14 juta di akhir jatuh tempo. Karena biasanya ada bunga yang dikenakan, sehingga cicilan bisa lebih dari Rp12 juta per bulan.

Alih-alih hemat pakai cicilan 0%, malah kalap belanja. Apalagi kalau limit kartu kredit belum habis, makin tak terbendung deh hasrat shopping-nya. Yang ada jatuhnya jadi pemborosan. Beli sesuatu yang gak penting.
Efek Samping Cicilan 0%

Siapa sih pengguna yang gak ngiler cicilan 0%? Mungkin orang yang tadinya ‘alergi’ kartu kredit, jadi apply gegara banyak promo, termasuk cicilan 0% yang ditawarkan bank penerbit. Sebaiknya sebelum Anda tergoda program cicilan 0% di merchant sana sini, perhatikan dulu hal-hal berikut ini:

1. Ada minimal transaksi atau pembelian

Umumnya, bank penerbit menetapkan minimal besaran transaksi untuk mengambil cicilan 0%. Misalnya cicilan 0% tenor 3 bulan dengan jumlah transaksi paling sedikit Rp3 juta. Kurang dari itu, ya tidak dapat penawarannya.

2. Hanya produk dan merchant tertentu yang memberlakukan cicilan 0%

Misalnya bank penerbit bekerja sama dengan e-commerce Tokopedia dan Bukalapak menyediakan cicilan 0% untuk pembelian barang-barang tertentu, seperti peralatan elektronik atau lain sebagainya.

3. Baca syarat dan ketentuan, termasuk besaran biaya administrasi

Biaya administrasi yang dibebankan beberapa bank penerbit ditanggung pengguna kartu kredit. Jadi bunga kartu kredit nol, tapi kalau ada biaya administrasi kan sama saja bohong.

4. Disiplin bayar tagihan tepat waktu

Ini yang penting saat Anda berutang. Membayar tagihan kartu kredit, meski dengan cicilan 0%. Komitmen, konsisten, dan disiplin membayar cicilan kartu kredit sebelum jatuh tempo.

Jika mundur waktu kewajiban membayar, siap-siap ditagih debkolektor dengan bunga dan denda keterlambatan. Karena cicilan 0% diperuntukkan buat pengguna yang disiplin membayar tagihan kartu kredit.
Gebyar Cicilan 0% Kartu Kredit Bank Besar

Gebyar cicilan 0% kartu kredit

Lagi nyari cicilan 0% menjelang akhir tahun? Tenang, Cermati.com menyisir promo cicilan 0% kartu kredit dari beberapa bank penerbit. Antara lain:
Bank BCA

1. Pembelian tiket Garuda Indonesia

Untuk pemegang semua jenis kartu kredit BCA, ada cicilan 0% untuk pembelian tiket Garuda Indonesia di seluruh channel penjualan, seperti website resmi, e-commerce, corporate online sales, mobile application, call center, dan ticketing office (tidak termasuk travel agent third party).
Minimum transaksi Rp500 ribu
Cicilan 0% tenor 3 bulan dan 6 bulan
Promo berlaku hingga 10 Maret 2020.

2. Khusus transaksi di luar negeri

Cicilan 0% tenor 3, 6, dan 12 bulan untuk pemegang kartu kredit BCA Card. Transaksi minimal Rp500 ribu, dan hanya berlaku untuk transaksi di EDC merchant yang berpartisipasi di Singapura
Cicilan 0% tenor 3, 6, dan 12 bulan untuk pemegang kartu kredit BCA Visa Black/Mastercard Black. Minimal transaksi Rp3 juta dan berlaku untuk transaksi di EDC seluruh merchant di luar negeri
Cicilan 0% bagi pemegang kartu kredit BCA American Express Platinum tenor 3, 6, dan 12 bulan. Minimal transaksi Rp3 juta dan berlaku untuk transaksi di EDC seluruh merchant di luar negeri
Cicilan 0% bagi pemegang BCA Visa/Mastercard tenor 3 dan 6 bulan. Minimal transaksi Rp3 juta dan berlaku untuk transaksi di EDC seluruh merchant di luar negeri.
Semua program cicilan BCA 0% khusus transaksi di luar negeri ini berlaku hingga 31 Januari 2020.

Bank BRI

1. BRING (Belanja Apapun Lebih Ringan)

Dengan kartu kredit BRI (keciali corporate card), nikmati cicilan 0% dengan tenor hingga 24 bulan untuk belanja alat elektronik, tiket pesawat terbang, dan lainnya
Cicilan 0% tenor 3 bulan minimal transaksi Rp5 juta, gratis biaya administrasi
Cicilan 0% tenor 6 bulan minimal transaksi Rp5 juta, biaya administrasi 1% atau minimal Rp25 ribu
Cicilan 0% tenor 12 bulan minimal transaksi Rp3 juta dan Rp5 juta. Masing-masing kena biaya administrasi 1% atau minimal Rp25 ribu
Periode program BRING berlaku hingga 31 Desember 2019.

Bank BNI

1. Cicilan 0% hingga 24 bulan di seluruh Indonesia

Cicilan 0% bagi pemegang kartu kredit BNI dengan tenor 3, 6, 12, 18, dan 24 bulan
Berlaku di kota-kota besar di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya, Makassar, Malang, Manado, Palembang, Pekanbaru, hingga Jayapura
Minimum transaksi mulai dari Rp500 ribu
Berlaku hingga 31 Desember 2019
Informasi merchant-merchant yang memberikan cicilan 0% ini, cek di sini.

2. Cicilan 0% di merchant favorit

Cicilan 0% bagi pemegang kartu kredit BNI hingga 24 bulan
Periode promo yang masih berlaku ada di merchant Erafone, iBox, Lotte MartUrban Republic, Electronic City, Best Denki, Nasa Samsung Store, Ace Hardware, Informa, Mitra10, Atria, Garuda Indonesia, Citilink, Pegipegi, Blibli.com, Optik Tunggal, dan Amway.

Bank Mandiri

1. Belanja kebutuhan sehari-hari di Hypermart

Cicilan 0% tenor 3 bulan untuk belanja seluruh produk di Hypermart
Berlaku setiap hari untuk minimal transaksi Rp500 ribu
Cicilan 0% tenor 6-12 bulan, khusus produk elektronik dengan transaksi paling sedikit Rp1 juta
Berlaku untuk pemegang Mandiri Kartu Kredit
Periode promo hingga 31 Desember 2019.

2. Untuk pembelian alat elektronik

Cicilan 0% hingga 24 bulan di Global Elektronik bagi pemegang kartu kredit Bank Mandiri (Visa & Mastercard Mandiri, Co-Brand (Hypermart Card, Pertamina Card, BPD Jateng Card, dan sebagainya))
Hadiah undian LED TV 32, dispenser, air cooler, microwave, rice cooker, blender
Berlaku selama persediaan masih ada
Promo berlaku hingga 31 Desember 2019.

3. Pembelian produk Eiger

Cicilan 0% tenor 3 dan 6 bulan dengan Mandiri Kartu Kredit
Minimal transaksi Rp500 ribu
Periode promo berlaku hingga 30 Juni 2020.

MNC Bank Motion Card

MNC Bank Motion Card

Cicilan 0% tenor 3 bulan untuk MNC Pay minimal transaksi Rp3 juta
Cicilan 0% setiap belanja di MNC Shop senilai minimal Rp1 juta dengan tenor 12 bulan

UOB Yolo Card

UOB Yolo Card

Cicilan 0% tenor hingga 6 bulan untuk pemesanan hotel dan travel, baik di online maupun travel agent. Minimal transaksi Rp1 juta (jumlah setara untuk mata uang asing)
Cicilan belanja 0% di Singapura dengan jangka waktu cicilan 3 bulan. Minimal transaksi Rp3 juta atau lebih per transaksi

UOB Lady’s Card

UOB Lady’s Card

Cicilan 0% selama 3 bulan dan 6 bulan untuk transaksi belanja fesyen, seperti baju, sepatu, tas, dari berbagai merek ternama di dalam maupun luar negeri (tidak termasuk department store dan perhiasan). Minimal transaksi sama dengan Rp3 juta, dan maksimal Rp50 juta.
Cicilan 0% atau cashback atau diskon di berbagai partner agent terkenal
Cicilan 0% hingga 12 bulan di berbagai partner e-commerce.

Santuy, Jangan Sampai Khilaf Belanja

Program atau promo cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit memang bisa ‘membutakan’ mata. Santuy lah, jangan terburu nafsu, apalagi sampai khilaf belanja gak karuan. Semua mau diborong, padahal barang yang dibeli gak penting-penting banget.

Apabila Anda bijak menggunakannya, kartu kredit bisa sangat menguntungkan. Tapi jika sembrono, risikonya utang menggunung. Gak mau kan keuangan morat marit akibat cicilan 0%?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here