Menu Makanan yang Bisa Dimasak dengan Rice Cooker

0
773
Menu Makanan yang Bisa Dimasak dengan Rice Cooker

Salah satu problem anak kost-an adalah makanan sehari-harinya. Memang kita bisa saja beli makanan di luar, namun pengeluaran kita jadi bertambah. Jadi, kenapa enggak masak sendiri di kost?

Mungkin yang jadi alasan kita malas masak di kost adalah ketersediaan alat masak yang sangat minim; bisa jadi hanya rice cooker. Padahal, rice cooker bisa menghasilkan banyak makanan yang seru loh!

Apa saja nih, kira-kira? Berikut adalah makanan enak yang bisa dibuat menggunakan rice cooker:

1. Mi instan

Namanya juga mi instan, maka pembuatannya pun sangat mudah untuk kita praktekkan. Kita tinggal menuang air secukupnya di wadah rice cooker dan set ke kondisi “cooking”.

Setelah air dalam rice cooker berbuih, masak mi instan selama 3 menit sampai matang. Kenapa harus 3 menit? Simak penjelasannya di sini.

2. Pasta

Bila bosan dengan mi instan, kita juga bisa memasak pasta di rice cooker. Sama seperti merebus mi, kita hanya perlu menambah sedikit mentega pada air rebusan agar pasta tidak lengket.

Setelah pasta matang, cuci dan keringkan dulu wadah rice cooker. Kemudian gunakan sedikit mentega untuk menumis bawang putih dan bawang bombay.

Masukkan sosis atau kornet siap makan lalu setelah agak matang, masukkan saus pasta. Setelah jadi, hidangkan pasta dengan saus yang telah kita buat tersebut.

3. Nasi goreng

Bila ada nasi putih sisa semalam, mari buat nasi goreng dengan rice cooker. Pastikan dulu kita sudah menghancurkan bongkahan nasi dan memindahkannya ke mangkuk atau wadah lain.

Cuci bersih wadah rice cooker dan keringkan lalu kondisikan rice cooker dalam keadaan cooking. Masukan mentega hingga meleleh dan tumis bawang putih. Masukkan irisan bakso, sosis, dan kornet siap makan dan setelah agak matang masukkan nasi.

Bila tidak ingin repot, masukkan bumbu nasi goreng instan dan aduk hingga tercampur rata. Tutup rice cooker sekitar 5-10 menit dan nasi goreng siap kita santap.

4. Omelet

Siapa bilang kita tidak bisa masak telur di rice cooker? Memang butuh waktu agak lama, tapi bisa. Kita tinggal memposisikan rice cooker dalam keadaan cooker, lelehkan mentega, dan masaklah telur di atasnya. Variasikan telur dengan tambahan irisan bawang, bakso, sosis, atau parutan keju.

Tunggu dulu hingga agak matang dan baru kita balik. Intinya kita harus sabar bila memasak telur dengan rice cooker.

5. Sup

Kita tinggal memasukkan air ke dalam rice cooker dan masukkan ayam cincang mentah. Setelah ayam cincangnya mentah, masukkan wortel terlebih dahulu agar empuk. Lalu masukkan irisan bumbu sop siap jadi dan setelah hampir matang, masukkan potongan daun bawang

6. Bubur

Salah satu resep paling mudah adalah bubur. Kita tinggal menambahkan air sesuai dengan keenceran bubur yang kita mau dan tunggu hingga matang. Setelah matang, hiaslah bubur dengan daun bawang, kacang, ayam goreng cincang, kecam manis, kecap asin, dan kerupuk.

7. Mashed potato

Cuci bersih kentang, haluskan, lalu masukkan ke rice cooker. Tambahkan garam dan susu cair secukupnya lalu aduk hingga rata. Bila sudah matang, jangan lupa taburkan sedikit merica dan bisa pula menambahkan parutan keju di atasnya.

8. Agar-agar

Bila ingin menu dessert, agar-agar bisa mudah kita buat dengan rice cooker. Kita tinggal merebus gula pasir, air, dan agar-agar bersamaan. Catatannya, kita harus mengaduk sesekali agar airnya tidak meluap-luap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here