Mengintip Resep Es Kopi Gula Aren

0
1136
Mengintip Resep Es Kopi Gula Aren

Kopi bukan lagi identik sebagai minuman para orang tua di waktu malam. Kopi kini menjelma menjadi minuman kekinian yang digemari anak muda. Terlebih kopi susu yang sekarang menjadi menu andalan di berbagai kafe modern.

Tidak hanya kopi panas, varian minuman kopi kekinian favorit lainnya adalah es kopi gula aren. Minuman ini memberikan sensasi berbeda dari cara menikmati kopi dengan campuran beberapa bahan. Gula aren untuk rasa manis legitnya dan campuran es untuk sensasi dingin yang menyegarkan.Simak resepnya di bawah ini yuk!

1. Siapkan Bahan dengan Takaran yang Tepat

Untuk menghasilkan es kopi gula aren yang nikmat seperti di kedai kopi terkenal, kamu perlu siapkan bahan dengan takaran yang tepat. Rasa gurih manis dari minuman kekinian itu dihasilkan dari kombinasi bahan yang berkualitas, porsi yang sesuai serta tahap meracik yang benar. Berikut adalah bahan-bahannya:

– 40 gr bubuk kopi
– 100 ml air panas
– 5-10 sdm gula merah cair
– 100 ml susu full cream
– 2 sdm krimer bubuk

Ciptakan Base Kopi yang Kental

Bahan utama dari sajian es kopi gula aren tentu saja adalah seduhan kopi. Bubuk kopi yang digunakan harus bubuk kopi murni dan bukan bubuk kopi instan. Campurkan bubuk kopi dengan air panas.

Air panas yang baru saja mendidih lebih disarankan karena bisa menghasilkan panas yang lebih awet serta bisa meleburkan bubuk kopi dengan sempurna. Menyeduh kopi kental ini juga bisa menggunakan alat french press agar bisa menghilangkan ampas kopi dengan lebih mudah.

Panaskan Susu Full Cream

Kunci selanjutnya dari kenikmatan es kopi susu gula aren adalah susu full cream. Jangan menuang langsung susu pada kopi, melainkan panaskan susu terlebih dahulu. Memanaskan susu bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam susu dan menonjolkan rasa gurih susu yang sebenarnya.

Jangan lupa tambahkan krimer bubuk dalam proses ini karena umumnya tekstur susu masih lumayan encer. Bisa juga menggunakan alat french press untuk mengocok susu dengan krimer bubuk agar menghasilkan cairan kental yang gurih dan nikmat.

Campurkan Semua Bahan dengan Urutan yang Sesuai

Saat kedua bahan utama yaitu kopi dan susu sudah siap, tahap selanjutnya adalah mencampurkannya. Untuk menghasilkan cita rasa yang menggugah selera, perlu ada tahap khusus dalam mencampurkan bahan-bahan es kopi susu gula aren. Pertama, meletakkan gula aren di dasar cangkir sebagai pemanis.

Selanjutnya, tuang susu yang telah dicampur krimer bubuk. Susul dengan menuangkan kopi. Usahakan kedua cairan kopi dan susu sudah dalam keadaan cukup dingin ketika dicampurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here