Logo Baru dari Facebook

0
1382
Logo Baru dari Facebook

Media sosial Facebook memberikan kejutan dengan meluncurkan logo baru. Logo baru ini ternyata dibuat untuk mewakili perusahaan induk yang memiliki Facebook, Instagram, WhatsApp, dan produk lainnya.

Logo baru ini terlihat sederhana. Hanya menampilkan tulisan “Facebook”, namun terlihat tegas dengan semua hurufnya kapital. Logo menampilkan gambar bergerak atau GIF yang menunjukkan warna berbeda untuk mewakili merek tertentu, misalnya, warna biru untuk Facebook, hijau untuk WhatsApp, pink untuk Instagram, dan sebagainya.

Sebelum muncul logo baru ini, Facebook terlebih dahulu mengeluarkan kebijakan menambahkan label tulisan “from Facebook” di setiap produk miliknya. Hal tersebut bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp, Instagram, Messager, dan lainnya.

Facebook mengatakan, tujuan memasukkan label “from Facebook” adalah untuk memberi tahu orang bahwa aplikasi mereka memiliki infrastruktur bersama dan mengandalkan banyak tim yang sama. “Orang harus tahu perusahaan mana yang membuat produk yang mereka gunakan,” tulis Antonio Lucio, kepala pemasaran Facebook, seperti dikutip The Verge.

Seiring perkembangan, akhirnya Facebook meluncurkan logo baru untuk perusahaan induk mereka. Logo baru menggunakan tipografi khusus dan dirancang untuk tampak lebih jelas. Menurut Facebook, logo baru ini bertujuan untuk menciptakan perbedaan visual antara perusahaan dan aplikasi.

Pada saat yang sama, logo baru ini terasa seperti upaya perusahaan untuk menjaga merek Facebook yang berbeda sedikit di tengah kontroversi yang hampir tanpa henti. Lucio mengatakan kepada Bloomberg, bahwa perusahaan sempat memikirkan untuk mengubah nama, tetapi memutuskan untuk tidak melakukannya karena Facebook tampaknya tidak ingin bersembunyi dari masalahnya.

Perusahaan memilih rebranding untuk mewarnai logo Facebook dengan warna ciri khas beberapa merek lain, seperti Instagram dan WhatsApp. Perubahan logo baru ini akan digunakan dalam beberapa Minggu mendatang dalam produk dan materi pemasaran Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here