Kuliner Gudeg Kayu Hj Budiharjo Manis Gurih dan Krecek Pedas Jagoannya

0
1306
Kuliner Gudeg Kayu Hj Budiharjo Manis Gurih dan Krecek Pedas Jagoannya

Kuliner Yogya punya ciri khas yang unik. Pedagangnya bisa menjajakan makanan andalan mereka hingga puluhan tahun. Misalnya saja Mbak Lindu dengan gudegnya. Atau yang kami temukan lainnya adalah Ibu Dasinah, yang jualan sate kikil di Pasar Beringharjo.

Begitu pula dengan Hj. Budiharjo, yang telah berjualan gudeg dari 1973. Tempat makan enak di Yogya ini jadi destinasi kuliner yang patut kamu kunjungi

Ketika kami datang, ia masih setia melayani pengunjungnya. Bahkan, ia masih menyuwir ayam dengan tangannya sendiri.

“Dari setengah enam sudah di sini. Dulu saya masih muda, sendirian jualan. Sekarang sama anak. Tidak ada perubahan, makanannya ya ini saja,” jelas Hj. Budiharjo kepada kumparan.

Gudeg Hj. Budiharjo juga dikenal sebagai gudeg kayu. Alasannya karena dulu lokasi berjualannya di sebuah toko kayu.

Ada dua pilihan menu makan enak yang bisa kamu pilih; pecel dan tentu saja gudeg. Namun, kini letaknya di Jalan Laksda Adisucipto.

Seporsi gudeg di sini bisa diatur sesuai selera. Bisa dengan telur suwir saja, dengan kisaran harga Rp 10 ribuan. Namun kalau mau lengkap, bisa pakai potongan ayam, ceker, tahu dan tempe, ikan, dan lainnya. Ada pula gorengan sebagai pelengkap.

Gudeg lengkap dengan ayam dibanderol Rp 25 ribuan. Secara keseluruhan, rasa manis tetap ada, namun gudeg kayu Hj. Budiharjo ini cenderung gurih. Bagi kamu yang enggak terlalu suka manis, gudeg enak ini bisa jadi pilihan.

Bila mampir ke tempat makan enak yang satu ini, jangan lupa untuk mencicipi kreceknya. Makanan andalan gudeg Hj. Budiharjo ini pedasnya begitu nendang dengan tekstur yang super lembut. Dijamin nagih, dan siap-siap nambah satu porsi kreceknya saja.

Makan gudeg di sini pun seru karena duduknya lesehan dengan tempat yang agak luas. Enggak heran kalau gudeg Hj. Budiharjo jadi tempat nongkrong warga Yogya, apalagi karena tempat ini buka hingga tengah malam. Tertarik mampir dan makan enak di sini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here