Kuliner di Pontianak yang Fenomenal

0
1576
Kuliner di Pontianak yang Fenomenal

Halo teman-teman! Di antara begitu banyak pilihan jenis kuliner di Pontianak, nasi uduk sering kali menjadi “penyelamat” di kala rasa lapar ini melanda sehabis pulang bekerja. Ada beberapa pilihan nasi uduk yang dapat ditemukan di Pontianak, namun selalu terlintas satu nasi uduk yang begitu fenomenal di mata dan lidah para pencinta nasi uduk, khususnya di Pontianak, nasi uduk ‘Borobudur’ namanya.

Nasi uduk yang sangat terkenal di Pontianak ini memiliki beberapa cabang, dan cabang yang paling sering aku kunjungi berlokasi di Jalan Tanjung Pura nomor 237A. Cabang Nasi Uduk Borobudur ini berdiri di atas ruko yang berdekatan dengan SPBU Tanjung Pura dan bersebelahan dengan Apotek Cipta serta mulai berjualan dari pukul 16.00 sampai pukul 21.00 dan jika sudah habis, maka akan tutup lebih awal.

Menu andalan di sini adalah nasi uduk dengan ayam goreng, tahu tempe goreng, lalapan serta yang menjadi favorit adalah kremesan dan sambalnya yang unik dan juga enak, membayangkannya saja sudah cukup membuat rasa lapar ini kembali membara sembari mengingat cita rasanya yang begitu khas. Seperti biasa, aku selalu memesan porsi lengkap dengan ekstra tambahan kremesan dan juga sambalnya, karena regular portion is never enough for me. Penyajian di sini tergolong cepat, hanya berkisar beberapa menit saja pesanan sudah tiba di atas meja makan kami.

Ayam gorengnya yang digoreng kering, tahu tempe dan kremesan yang ditaburi di atasnya menjadi ciri khas penyajian nasi uduk di sini. Ya, memang benar, nasi uduknya disajikan dengan piring yang terpisah dengan lauk pauknya, begitu juga dengan lalapan dan sambalnya disediakan di piring yang berbeda pula, sungguh terlihat meriah dan ramai untuk seporsi nasi uduk karena disajikan dengan style seperti ini. Tanpa berlama-lama lagi, aku pun sigap menyantap Nasi Uduk Borobudur ini, kusobek ayam goreng yang masih terasa hangat-panas ini sembari mencocolkannya ke dalam sambal yang sudah aku peraskan jeruk sambal.

Nasi uduknya yang gurih dan wangi dengan aroma santan yang tipis begitu dipadukan dengan lembut legit dari daging ayam goreng yang sudah dicocolkan dengan sambal, membuat seisi mulut ini terasa kaya akan rasa dan nikmatnya begitu menggugah selera, enak sekali.

Sambalnya memiliki karakter rasa yang tidak terlalu pedas, terdapat rasa asin dan juga manis gurih yang telah bercampur asam yang segar dari jeruk sambal yang tadi aku peraskan, aroma terasi yang soft pun terangkat hingga ke indera penciuman.

Kremesan! Kremesan yang kriuk-kriuk ini menjadi favorit hampir bagi setiap pengunjung yang menyantap nasi uduk Borobudur, tidak hanya digemari anak-anak, orang dewasa seperti aku pun sangat menyukai sensasi ‘kriuk’ dari kremesan di nasi uduk Borobudur ini, apalagi saat dicampurkan ke nasi uduknya yang gurih, aduhai sekali sensasi dan pengalaman makan yang didapatkan. Satu porsi lengkap nasi uduk Borobudur ini dijual seharga dua puluh enam ribu rupiah per porsi.

Selain lokasi yang beralamat di Jalan Tanjung Pura ini, terdapat juga lokasi lain tempat dimana teman-teman bisa menyantap nasi uduk fenomenal ini, seperti di Jalan Gajah Mada (sederetan dengan bengkel Sinar Mas), dan juga di Jalan Jenderal Urip (berseberangan dengan Matahari Mall). Menurut salah satu karyawan, ketiga cabang dari nasi uduk Borobudur ini dikelola oleh pemilik berbeda yang masih memiliki hubungan keluarga satu sama lain.

Bagi teman-teman Kumparan yang sedang melipir ke Kalimantan Barat, terutama di Pontianak, nasi uduk Borobudur ini wajib untuk teman-teman singgahi, ini termasuk salah satu dari top list kuliner wajib yang fenomenal di Kota Pontianak. Selain dengan rasanya yang gurih yang disambut dengan cita rasa sambalnya yang khas, kremesan yang crispy, pelayanan penyajian yang menurut kami tergolong cepat dan ‘meriah’ ini selalu sukses membuat para pecinta nasi uduk untuk kembali demi mendapatkan pengalaman makan yang berkesan ketika menyantap nasi uduk. Salam, kuliner Kota Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here