Januari 2020, Semua Smartphone Baru di Wajibkan Memakai Android 10

0
1335
Januari 2020, Semua Smartphone Baru di Wajibkan Memakai Android 10

Google terus mengoptimalkan penggunaan sistem operasi baru mereka Android 10 yang resmi dirilis ke pengguna pada awal September lalu. Ada aturan baru yang akan diterbitkan oleh Google, tentang smartphone baru yang dirilis setelah 31 Januari 2020 diwajibkannya pakai Android 10.

Menurut XDA Developers, Google memiliki persyaratan khusus tentang penggunaan GMS (Google Mobile Services). Dalam aturan baru ini, Google mengisyaratkan dokumen persetujuan untuk penggunaan Android 9 Pie di smartphone produksi terbaru akan dibatasi pada 31 Januari 2020.

Setelah tanggal itu, Google hanya akan menyetujui dokumen penggunaan GMS untuk perangkat baru yang menjalankan versi Android 10. GMS atau Google Mobile Services adalah rangkaian aplikasi dan layanan Google yang harus dilisensikan oleh perusahaan untuk dipasang pada perangkat Android. GMS ini berisi aplikasi Google penting, seperti Google Play Store dan Google Play Services.

Langkah yang dibuat oleh Google ini adalah untuk memastikan semua produsen smartphone akan menyediakan perangkat lunak terbaru untuk pengguna mereka, dan Google dapat mengeluarkan pembaruan keamanan yang tepat waktu.

OS Android 10 sendiri baru hadir untuk smartphone tertentu saja, seperti jajaran smartphone Google Pixel. Secara bertahap Google akan membagikan Android 10 ke merek smartphone lainnya.

Android 10 juga memiliki sejumlah fitur baru misalnya pengaturan Dark Mode, Smart Reply, Live Caption, hingga fitur privasi dan keamanan yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here