iPhone 5G Pakai Modem Qualcomm X55 dan Chipset 5nm

0
1304
iPhone 5G Pakai Modem Qualcomm X55 dan Chipset 5nm

Jakarta: Laporan terbaru dari Jepang menyebut bahwa iPhone keluaran tahun 2020 akan didukung modem 5G X55 karya Qualcomm. Namun upaya ini diperkirakan akan mengalami kendala untuk pasokan X55.

Kendala ini disebabkan karena tingginya permintaan untuk modem ini, mengingat sebagian besar produsen tengah berlomba menghadirkan ponsel dengan dukungan jaringan 5G untuk dirilis pada tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, SoC karya Apple yaitu A14 akan diperkenalkan pada tahun depan, via iPhone 5G yang disebut akan menggunakan proses pabrikasi 5nm. SoC ini dikabarkan akan diproduksi oleh TSMC.

Saat ini, baru Apple dan Huawei yang memiliki rencana untuk memproduksi SoC 5nm pada tahun 2020 mendatang. Selain itu, setidaknya dua dari tiga iPhone baru akan menggunakan layar OLED fleksibel, artinya mereka berpotensi hadir dengan tepi berlekuk dan bukan dapat ditekuk.

Secara teknis, Apple telah menggunakan panel OLED berlekuk sejak iPhone X, namun dengan lekukan yang tidak terlalu kentara sebab layar ini dapat dilipat dari bagian bawah. Hal ini memungkinkan bezel berukuran sangat tipis sebab konektor panel layar berlokasi di bagian bawah.

Belum ada perusahaan lain yang menganggap solusi ini layak dengan harga premium yang banderolnya. Karenanya, perangkat lain hadir dengan bezel bagian bawah berketebalan lebih tebal jika dibandingkan dengan bezel lain.

Apple juga dilaporkan tengah mengembangkan kamera belakang bersensor 3D yang akan digunakan untuk Augmented Reality (AR). Apple menargetkan untuk mengapalkan iPhone keluaran 2020 sebanyak 80 juta atau lebih.

Target penjualan ini agresif umumnya berkisar antara 75 juta hingga 80 juta unit per tahun. Analis memperkirakan bahwa sebanyak 206 juta ponsel 5G akan diproduksi di seluruh dunia pada tahun 2020 mendatang.

Jika rencana Apple berjalan lancar, perusahaan asal Amerika Serikat ini akan memperoleh pangsa pasar dalam jumlah signifikan. Rencana ini juga dinilai akan mendorong adopsi 5G, terutama di luar pasar Tiongkok.

Sebelumnya, Apple mengumumkan earphone terbaru karyanya bertajuk AirPods Pro dengan bekal sejumlah fitur baru, dan dilaporkan akan mulai didistribusikan pada tanggal 30 Oktober lalu, waktu Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here