Dokumen Paten Apple Soal Desain Kamera iPhone Yang Baru

0
1257
Dokumen Paten Apple Soal Desain Kamera iPhone Yang Baru

Jakarta: Fotografi smartphone kian menampilkan kemampuan lebih baik setiap tahunnya, terlihat dari kegigihan sejumlah merek besar dalam menyuguhkan teknologi canggih yang mendukung kemampuan fotografi di smartphone karya mereka.

Sejumlah merek besar tersebut termasuk Apple, Google dan Huawei. Selain itu, sensor juga mengalami peningkatan dalam hal ukuran dan kemampuan memproses gambar lebih canggih, sedangkan lensa di depan sensor masih tetap sama, di sebagian besar perangkat.

Sementara itu, sejumlah produsen asal Tiongkok telah meningkatkan kemampuan kamera memotret, termasuk Huawei P30 Pro. Perangkat ini menggunakan setup periscope dengan jajaran lensa diposisikan tegak lurus di bagian belakang ponsel.

Dalam sejumlah paten kamera yang diterima Apple, perusahaan ini berencana untuk meningkatkan kualitas gambar iPhone masa depan secara lebih lanjut. Dua paten yang diterima Apple ini mengusung nama Folded Lens System dengan tiga atau lima lensa refraktif.

Paten ini menampilkan lensa yang merefleksikan cahaya melalui prisma, sehingga tidak perlu diposisikan secara garis lurus di bagian belakang ponsel. Dengan memposisikan lensa demikian, produsen ponsel dapat menciptakan jarak lebih jauh antara sensor dan lensa.

Hal ini berfungsi mengurangi benjolan desain kamera yang dibutuhkan untuk mendukung hardware penting termasuk Optical Image Stabilizer dan komponen pendukung fitur autofokus. Setup tiga elemen dapat menawarkan panjang fokal atau focal length antara 80mm hingga 200mm, setara dengan 35mm.

Selain itu, setup tiga elemen juga menawarkan sudut pandang antara 18 derajat hingga 28 derajat, penawaran tersebut ideal untuk kamera telefoto. Sementara itu, setup lima elemen dapat digunakan untuk kamera Wide standar dengan Focal View antara 28 41 derajat hingga 41 derajat.

Focal View ini didampingi dengan Focal Length setara 35mm yaitu 50mm hingga 80mm. Seperti yang telah disebutkan, perusahaan lain telah menggunakan jajaran kamera yang tersemat di bagian sisi, namun utamanya untuk aplikasi dengan kemampuan zoom panjang.

Apple ingin menggabungkan konsep serupa untuk kamera telefoto dan standar karyanya, setidaknya dari yang ditampilkan pada dokumen paten. Namun paten ini belum dapat dipastikan akan terwujud dalam bentuk produk nyata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here