Cara Cegah Dompet Jebol Gara-gara Pinjaman Online

0
1314
Cara Cegah Dompet Jebol Gara-gara Pinjaman Online

Maraknya layanan financial technology (fintech) alias pinjaman online membuat keuangan terkadang tidak terkontrol. Akibatnya arus kas kita jadi terganggu. Padahal ada beberapa rencana yang seharusnya bisa kita lakukan, tapi batal karena adanya tagihan dari pinjaman online.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), Andy Nugroho, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan saat mulai terbiasa meminjam uang melalui layanan online.

Pertama, Andy menyarankan supaya mulai membiasakan meminjam untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif dibanding konsumtif. Apalagi sering kita meminjam bukan untuk kebutuhan yang mendesak.

“Sebenarnya enggak terlalu mendesak. Jadi kebutuhan gaya hidup dia, pingin ganti handphone atau pingin ganti TV atau konsumtif lainnya inisiatif ke fintech. Nah hal seperti itu tidak terlalu mendesak menurut saya jangan dulu deh,” katanya kepada kumparan, Selasa (29/10).

Selanjutnya Andy mengatakan agar kita tidak merasa terjebak, pastikan dulu kita meminjam pada saat mendesak. Bukan hanya itu, ia pun menyarankan untuk tidak menutup utang dengan cara meminjam di layanan fintech lainnya.

“Jangan semangatnya minjem doang, yang penting dapat uang dulu. Mereka baru ngeh kalau udah nerima tagihan,” jelasnya.

Andy pun memberikan masukan soal membayar utang, sebaiknya dengan menggadaikan aset dibanding harus meminjam melalui fintech lainnya.

“(Atau) ya pinjam lah dari teman atau saudara. Tapi biasanya kalau teman atau saudara kalau udah dipinjam gitu enggak mau juga. Yang paling memungkinkan kita menjual aset yang kita miliki,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here