Bina Marga DKI Siapkan 4 Desain Trotoar

0
1459
Bina Marga DKI Siapkan 4 Desain Trotoar

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan empat desain penataan trotoar yang akan dibangun di Ibu Kota. Kadis Bina Marga Hari Nugroho mengatakan, setiap desain akan digunakan sesuai dengan kondisi luas jalan yang ada.

“Ya disesuaikan dengan kondisi wilayah dan konsistensi lajur jalan yang ada,” kata Hari saat dikonfirmasi, Selasa (22/10).

Empat desain trotoar yang digagas, yakni trotoar dengan ukuran 5,5 meter, yang terdiri dari jalur pejalan kaki, pepohonan, dan sepeda. Model kedua, trotoar berukuran 5,5-3,5 meter dengan jalur yang sama.

Kemudian, trotoar dengan ukuran 3,5-2 meter yang berisi jalur pejalan kaki dan pepohonan. Terakhir, trotoar berukuran 2-1,5 meter yang hanya mengakomodasi pejalan kaki.

Dari desain yang ada, Pemprov DKI belum mengakomodasi keberadaan PKL seperti keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hari mengatakan sampai saat ini desain trotoar untuk PKL masih dibahas agar tidak melanggar UU yang ada.

“Sementara ini masih dikaji sebenarnya ruang PKL yang akan diberikan seperti apa sih. Dalam Permen PU tidak dimungkinkan lebih dari 5 meter boleh dari PKL. Kalau yang kurang dari 5 meter, otomatis clear (hanya) untuk pejalan kaki. Ini lagi digodok Dinas UMKM dan wali kota. Yang penting sekarang kita bangun, kalau sudah clear, selesai,” ucapnya.

Hari menuturkan, pembangunan trotoar juga akan memperhatikan skala prioritas di kawasan tertentu seperti terminal bus, sekitar stasiun kereta api (MRT, LRT, KRL), halte TransJakarta, kawasan komersial dan perkantoran, destinasi wisata, dan kawasan permukiman menuju transportasi umum.

Lebih lanjut, Hari mengatakan, belum semua jalanan di Ibu Kota memiliki trotoar ramah masyarakat. Untuk itu, pihaknya sedang membangun dan merevitalisasi trotoar di sejumlah daerah seperti Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, dan kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

“Kalau kita bicara complete street itu kan baru yang ada di Thamrin-Sudirman yang (tahun) 2018. Kemudian (tahun) 2019 yang ada di 10 titik. Yang sekarang Cikini, Kemang, dan lain-lain,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here