Biaya Produksi iPhone 11 Pro Max Jauh dari Harga Jualnya

0
1271
Biaya Produksi iPhone 11 Pro Max Jauh dari Harga Jualnya

Ketika Apple merilis trio iPhone 11 pada September 2019, banyak pengamat yang menilai bahwa aspek harga merupakan daya tarik dari seri ponsel tersebut. Harga yang lebih murah dibandingkan iPhone tahun lalu disebut berhasil menarik perhatian konsumen.

Menurut Consumer Reports, organisasi non profit penguji produk, iPhone 11 Pro Max didapuk sebagai ponsel terbaik yang ada di pasar ponsel saat ini. Dengan biaya mulai dari 1.099 dolar AS (Rp 15,6 juta), pengguna dapat menikmati ponsel dengan daya tahan baterai yang tinggi dan sistem kamera yang mengalami peningkatan signifikan ketimbang seri iPhone sebelumnya.

Sebuah laporan terbaru dari Tech Insight mengungkap biaya produksi iPhone 11 Pro Max. Perusahaan analisis teknologi itu membeberkan bahwa biaya produksi iPhone 11 Pro Max dengan varian RAM 512 GB tidak lebih dari 500 dolar AS.

Di bagian prosesor, Apple menyematkan chipset A13 Bionic pada iPhone 11 Pro Max. Meski prosesor ini merupakan salah satu yang terbaik dibandingkan chipset lain, biayanya hanya berkisar 64 dolar AS (sekitar Rp 900 ribu) saja.

Masuk ke bagian layar, iPhone 11 Pro Max memiliki tampilan terbaik di semua model iPhone saat ini. Ponsel tersebut menggunakan layar Super Retina XDR 6,5 inci yang memiliki resolusi 2.688 x 1.242 pixel dengan kerapatan 458 ppi. Di balik bagusnya tampilan layar ponsel itu, biayanya ternyata tidak mahal. Apple hanya mengeluarkan biaya 66,5 dolar AS (sekitar Rp 941 ribu) untuk layar Super Retina tersebut.

Sistem kamera mungkin menjadi komponen termahal dalam produksi iPhone 11 Pro Max. Hal tersebut tidak mengherankan jika kita melihat upgrade kamera pada ponsel itu dibanding pendahulunya, iPhone XS Max. Tech Insight menyebut bahwa Apple perlu merogoh kocek sebesar 73,5 dolar AS (sekitar Rp 1 juta) pada bagian ini.

Perusahaan juga mengeluarkan 286,5 dolar AS (sekitar Rp 4 juta) untuk komponen lain mulai dari baterai, sensor, modem, hingga perakitan. Dengan demikian, Tech Insights merangkum total biaya produksi iPhone 11 Pro Max sebesar 490,5 dolar AS (sekitar Rp 6,4 juta).

Namun, perlu dicatat bahwa biaya produksi ini belum termasuk bill of material (BoM) ketika memproduksi iPhone 11 Pro Max. Pasalnya, Apple juga harus membayar penelitian dan pengembangan, gaji, hingga iklan. Mahalnya ide membuat harga iPhone jadi melambung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here