Berikut Tips Anti Boros buat Keuangan Keluarga

0
1681
Berikut Tips Anti Boros buat Keuangan Keluarga

Anda barangkali yang kini berperan sebagai pengatur keuangan dalam rumah tangga. Di samping kebutuhan pokok keluarga, anggaran yang diatur meliputi kebutuhan pribadi hingga hobi yang dimiliki. Nah, bagaimana tips agar keuangan keluarga tidak boros?

Perencana Keuangan sekaligus founder ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, mengatakan bahwa hal utama yang perlu dilakukan adalah penentuan budget tiap bulan, dalam hal ini perlu dipisah rekening untuk suami dan istri.

Sementara itu, kata Prita, rekening untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari seluruh anggota keluarga bisa digabung. Seperti, kebutuhan sandang, pangan dan papan yang jadi kebutuhan pokok kedua belah pihak.

“Jadi langkah pertama emang harus dibudgetin. Kalau untuk shopping account itu dipisah, masing-masing pegang. Tapi untuk rekening rumah tangganya digabung. Misalnya gajian, dari gajian masukin rekening rumah tangga, terus dibudgetin sejuta buat suami dan sejuta buat istri,” ujar Prita kepada kumparan, Selasa (1/10).

Lantas, bagaimana jika pengeluaran pasangan melebihi anggaran yang ditetapkan?

Prita menjelaskan, bila memang pengeluaran itu ternyata tak bisa ditekan, maka bisa mengambil dana darurat.

Namun, ia menegaskan bahwa masing-masing mestinya memang harus komitmen dengan budget yang ada, baik suami atau istri. Hal yang perlu diperhatikan, perlu ditelusuri penyebab borosnya anggaran, itulah yang perlu diatasi terlebih dahulu.

Misalnya saja, suami atau istri sedang stres lantas melampiaskan pada belanja hobi yang berlebih. Maka, penyebab stres itulah yang perlu dikomunikasikan. Hingga, bisa diselesaikan dengan budget yang minimal.

“Ternyata pasangan kita sebulan masih minta lebih, terus kita tanya, kenapa? Apa sih yang membuat dia seboros itu? Apa karena stres yang membutuhkan rilis? Dicari tahu, karena boros itu suatu akibat, penyebabnya harus dicari tahu dulu,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here