Berikut Tips Agar Bisa Lancar Memulai Investasi

0
1501
Berikut Tips Agar Bisa Lancar Memulai Investasi

Memulai berinvestasi tidaklah mudah. Dari awal diperlukan niat besar ingin mengelola keuangan dengan cara investasi. Kalau tidak begitu, bisa saja investasi justru akan berhenti di tengah jalan.

Selain itu, ada syarat lain agar investasi bisa berjalan lancar. Apa saja itu? Berikut tips keuangan yang bisa jadi panduan.

“Gimana cara investasi otomatis? Syarat dulu punya keuangan sehat,” kata Lead Financial Trainer Ligwina Hananto saat dihubungi kumparan, Senin (4/11).

Ligwina menjelaskan, indikator keuangan sehat salah satunya adalah cicilan utang maksimal 30 persen, tagihan kartu kredit lunas, sampai kemampuan menyisihkan gaji untuk investasi minimal 10 persen. Menurutnya, untuk tahap awal, angka 10 persen itu tidak besar.

“Ayo fokus sama minimum 10 persen. Enggak banyak loh, Rp 100 ribu dari Rp 1 juta, Rp 500 ribu dari Rp 5 juta, Rp 1 juta dari 10 juta, Rp 10 juta dari Rp 100 juta,” ujar Ligwina.

“Ini baru permulaan. Bisa juga kan menyisihkan lebih banyak. 20 persen, 30 persen,” tambahnya.

Ligwina mengungkapkan, kalau tidak dikondisikan dengan cara seperti itu, bisa jadi investasi tidak bakal mulai-mulai. Mengenai produk investasi, kata Ligwina, bisa dibahas sambil jalan.

Menurutnya, yang lebih penting adalah diperlukan komitmen kuat dari diri sendiri agar menyisihkan secara langsung gajinya untuk berinvestasi.

“Intinya investasi otomatis itu kamu bikin setting. Mau ada badai apa juga, gajian tanggal berapa pun, boros atau hemat, kamu udah otomatis investasi. Enak loh jadi enggak merasa bersalah. Tenang. Duit kamu bertambah sendiri,” tutur Ligwina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here