Berikut Resep Tomato Pesto Salad

0
1843
Berikut Resep Tomato Pesto Salad

Halo, selamat awal minggu!

Sejak masih berjualan katering sehat, rasanya aku senang sekali untuk mengulik berbagai jenis pesto. Mulai dari pesto klasik yang terdiri dari daun basil, kacang pine nuts, olive oil,garlic, hingga pesto lainnya, misalkan dari sun dried tomatoes. Yummm!

Kelebihan dari pesto adalah bisa digunakan untuk berbagai macam masakan. Selain bisa menjadi pilihan dressing yang sehat, pesto juga nikmat disantap untuk membumbui keju, pasta, bahkan nasi!

Dalam membuat pesto, salah satu elemen pentingnya adalah kacang-kacangan. Kacang yang digunakan untuk membuat pesto bisa menggunakan banyak jenis, lho. Biasanya yang paling umum digunakan untuk membuat pesto adalah kacang pine nuts. Namun sebagai penggantinya kita bisa mencari kacang-kacangan lokal, seperti kacang mede dan kacang kenari khas timur Indonesia.

Seiring perjalanan menikmati pesto, saya belajar bahwa tomat adalah salah satu teman terbaik untuk menyantap pesto. Bukan karena warnanya yang berlawanan sehingga menciptakan komposisi yang menarik, namun juga karena rasa gurih pesto sangat cocok berpadu dengan rasa manis tomat. Tomatnya boleh dipanggang dulu (ini favorit saya) atau juga fresh cut tanpa ditambah apa pun lagi.

Berikut resep membuat ‘Tomato Pesto Salad’:

Cara membuat pesto:

Sangrai 1 cup pine nuts atau kacang lainnya, kemudian sisihkan

Lumatkan pine nuts tadi bersama dengan segenggam daun basil, 1/4 cup olive oil, 2 siung bawang putih dan 1/4 cup keju parmesan.

Sajikan dengan potongan tomat dan keju bocconcini.

Beberapa waktu ini, Indonesia sedang ‘dihantui’ bahaya polusi. Banyak cara untuk melindungi diri dari polutan, salah satunya adalah dengan memakai masker (perlindungan dari luar) dan juga dengan banyak mengkonsumsi antioksidan.

Antioksidan yang banyak terdapat pada kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan yang dipercaya dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh.

Menyantap pesto dengan semangkuk salad untuk sarapan pagi sebelum keluar rumah untuk beraktivitas bisa jadi pilihan untuk melindungi tubuh kita. Menyiapkannya pun tidak perlu waktu yang lama, karena pesto yang sudah jadi, bisa kita simpan di lemari pendingin selama 2 minggu (pastikan memakai botol kaca yang bersih, ya)

Yuk dicoba resepnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here