Berikut Ini 8 Makanan Khas Indramayu

0
1946
Berikut Ini 8 Makanan Khas Indramayu

KOMPAS.com – Indramayu merupakan kabupaten yang berada bagian utara provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Selain tempat wisatanya yang beragam, Indramayu menyimpn banyak kuliner khas yang bisa menggoyang lidah.

Kuliner khas Indramayu patut untuk dijelajahi lebih dalam. Berikut ini daftar makanan Indramayu yang harus dicoba.
1. Nasi Lengko

Jika di daerah Jawa Timur punya nasi pecel yang sering dijadikan santapan pagi, di Indramayu punya nasi lengko.

Nasi lengko adalah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambah dengan sayuran lainnya. Di Indramayu sendiri kuliner tersebut dijadikan sebagai menu sarapan.

Bahan pelengkap yang biasanya ditambahkan pada kuliner yang satu ini, antara lain tahu goreng, tempe goreng, dan beberap jenis sayuran lainnya, seperti mentimun mentah yang diiris taoge yang telah direbus.

Tidak lupa ditambah daun kucai yang dipotong-potong kecil sebagai penambah cita rasa agar semakin nikmat.

Bumbu atau saus yang digunakan adalah kuah kacang yang bentuknya mirip dengan rujak atau pecel. Nasi lengko bisa langsung disantap tanpa makanan pendamping atau ditambah dengan sate kambing agar lebih nikmat.
2. Pindang Gombyang Manyung

Pindang gombyang manyung adalah makanan khas Indramayu dengan bahan utama yang digunakan adalah ikan manyung. Kuliner yang satu ini seperti gulai, dengan bahan utama yang digunakan adalah kepala ikan manyung.

Kepala ikan manyung yang telah dikukus dimasukkan ke dalam kuah bumbu. Kuah tersebut merupakan olahan dari kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, kacang tanah, asem jawa, tomat dan cabe rawit.

Untuk menambah segar rasa masakan yang satu ini, belimbing wuluh sengaja ditambahkan.

Hasilnya, tercipta makanan pindang gombyang yang sangat lezat dan menggugah selera. Selain rasanya yang lezat, makanan tersebut kaya protein yang terkandung dalam kepala ikan manyung.

Namun demikian, kuliner yang menjadi populer tersebut memiliki cerita menarik.
3. Pedesan Entog

Buat kamu pencinta pedas, jangan lewati untuk mencoba hidangan satu ini. Sepintas makanan ini seperti masakan dengan olahan bebek atau ayam. Namun sebenarnya bahan dasar pedesan entog adalah itik atau orang Indramayu menyebutkan mentog atau entog.

Walaupun mengunakan entok sebagai primadona masakan ini, bumbu yang digunakan sangat berani. Bumbu dan rempahnya sangat banyak.

Penggunaan ketumbar, sereh tomat, daun jeruk, kecap manis, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, garam, dan tidak lupa cabai merah.

Bumbu-bumu tersebut sukses menghadirkan aroma harum dari masakan pedas ini. Bumbunya pun sangat kaya, sehingga masakan ini terasa sangat gurih di lidah.
4. Manisan Mangga

Manisan manga mungkin menjamur disetipa daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Namun Indramayu punya mangga dengan kualitas yang dapat diacungi jempol, mengungguli mangga di daerah lain.

Selain itu, biasanya mangga dibuat manisan dengan cita rasanya yang manis, kini dengan rasa yang berbeda patut untuk dicoba. Rasa pedas yang menggoda dari manisan pedas mangga Indramayu ini bisa menjadi pengisi waktu senggang yang menyenangkan.

Bumbu dan cara pengolahan dapat dikatakan sederhana. Campurkan semua bahan yaitu mangga, garam, cabai, air jeruk nipis, gula, dan air sampai rata. Diamkan 4 jam di lemari es lalu siap disajikan.
5. Mi Ragit

Mi ragit adalah makanan tradisional khas Indramayu yang terdiri dari mie, telur dadar yang diberi kuah udang dan santan yang diberi tambahan sambal kacang pedas.

Rasa ini memang khas karena rasa kuah kaldunya yang gurih dari santan dan lezat. Lebih nikmat bila disantap dalam kondisi masih hangat.

Hidangan khas Indramayu satu ini, bisa dikatakan sebagain makanan yang sering muncul dikala bulan ramadhan. Mi ragit kerap kali diburu masyarakat Indramayu menjelanh waktu berbuka puasa.
6. Bubur Gintir

Bubur gintir ini mirip dengan bubur candil di kawasan Jawa Tengah. Namun yang membedakan antara kedua jenis bubur ini adalah bahan dasar yang digunakan. Bubur gintir ini terbuat dari tepung beras bukan dari ubi.

Tepung beras kemudian di campur dengan air secukupnya hingga kalis. Kemudian dibentuk bulat-bulat, lalu direbus, menggunakan gula merah dan santan. Cita rasa yang dihasilkan oleh kuliner ini manis, dan juga gurih.
7. Blengep cotot

Kudapan khas Indramayu ini menggunakan bahan utama adalah singkong, kelapa dan gula merah.

Walaupun hanya menggunakan tiga macam bahan yang sederhana, tetapi untuk memasak blengep cotot memakan waktu yang cukup lama.

Namun untuk rasa jangan diremehkan. Cotot sendiri jika dalam bahasa Jawa artinya keluar. Ketika seseorang mengkonsumsi jajanan khas Indramayu ini, maka gula merah akan keluar ketika digigit dan meleleh di mulut.

Singkong akan dibentuk bulat-bulat seperti bakpao. Kuliner ini cukup terkenal di Indramayu, dan paling banyak di daerah Bangkir atau di Pasar Bangkir Indramayu. Kuliner yang satu ini biasanya dijajakan ketika pagi hari di pasar-pasar tradisional.
8. Cimplo

Masyarakat Indramayu percaya bahwa cimplo adalah makanan untuk menolak bala. Dahulu makanan khas Indramayu tersebut, dibuat hanya pada acara tertentu.

Makanan cimplo terbuat dari tepung beras ketan, tapai singkong, gula putih dan ragi. Kemudian dicetak hingga berbentuk bulat lalu campur dengan gula merah yang dicairkan, parutan kelapa dan santan kelapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here