Berikut ini 6 Tips Hemat Berbelanja Saat ke Luar Negeri

0
1031
Berikut ini 6 Tips Hemat Berbelanja Saat ke Luar Negeri

Suara.com – Menikmati aktivitas berbelanja di luar negeri mungkin menjadi sesuatu yang penting bagi Anda yang bepergian. Belanja di luar negeri memang selalu menjadi hal menarik, terutama ketika Anda bisa menemukan berbagai produk yang tidak dijual di dalam negeri.

Selain itu, membeli berbagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman tentu menjadi hal yang tak mungkin Anda lupakan, bukan? Namun sama halnya dengan ketika belanja di dalam negeri, Anda juga perlu waspada dengan hobi yang satu ini.

Jangan sampai setelah pulang ke Tanah Air, Anda justru mengalami masalah keuangan hanya karena tidak bisa mengontrol uang belanja selama berada di luar negeri. Pastikan Anda selalu merencanakan anggaran perjalanan dengan tepat, termasuk membuat bujet belanja yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Hal ini penting untuk diperhatikan, guna menghindari pembengkakan biaya belanja Anda selama di luar negeri. Selain itu, terapkan juga cara belanja yang tepat selama berada di luar negeri. Seperti apa? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tips belanja hemat saat berada di luar negeri.

1. Jangan Gunakan Kartu Debit untuk Belanja

Menggunakan kartu debit memang akan membuat transaksi belanja Anda menjadi mudah dan praktis. Namun hal ini tidak disarankan untuk Anda lakukan ketika berbelanja di luar negeri.

Transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu debit sangat berisiko bagi keamanan rekening bank Anda. Berbagai tindak kejahatan sangat mungkin terjadi, termasuk skimming yang menjadi salah satu ancaman terbesar dalam transaksi keuangan secara elektronik.

Selain itu, nilai konversi mata uang dari rupiah ke mata uang lokal, juga sangat mungkin merugikan Anda. Ya, sebab Anda melakukan transaksi tersebut di luar negeri.

2. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Menggunakan kartu kredit saat transaksi memang lebih menguntungkan, karena Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas promo dan rewards yang ditawarkan. Sehingga barang-barang yang Anda beli menggunakan kartu kredit itu pun bisa lebih murah harganya. Selain itu, transaksi menggunakan kartu kredit akan jauh lebih mudah dan praktis.

Namun, pastikan Anda tidak asal gesek saja kartu kredit saat berbelanja di luar negeri. Anda tetap harus membuat daftar barang apa saja yang akan dibeli, sehingga tahu batasan.

3. Cari Tahu Harga Normal Barang yang Akan Dibeli Terlebih Dahulu

Harap diingat, jangan belanja dengan kalap saat berada di luar negeri. Untuk itu, penting selalu mencari tahu harga normal berbagai barang yang Anda ingin dibeli terlebih dahulu.

Anda juga bisa mencari tahu di mana pasar/kawasan yang menjual barang-barang dengan harga terbaik. Sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak uang selama berbelanja.

Dan kalau barang tersebut bisa ditawar, dengan mengetahui harga pasarannya berapa, maka Anda bisa menawar dengan harga yang sesuai. Anda pun tidak akan merasa tertipu karena bisa saja penjual menawarkan harga yang tinggi.

4. Simpan dan Bawa Pulang Struk Belanjaan

Jangan lupa untuk selalu menyimpan bon belanja Anda selama berada di luar negeri. Sebab hal ini akan Anda butuhkan untuk proses pengembalian pajak ketika Anda berada di bandara nanti, atau bahkan saat Anda membutuhkan proses penukaran barang yang Anda beli.

Kumpulkan dan selalu simpan setiap bon belanja Anda dengan baik di tempat yang sama, sehingga Anda tidak kesulitan untuk mencarinya kembali. Struk belanjaan tersebut juga bisa menjadi bukti apabila ternyata tidak sesuai dengan tagihan yang ada di kartu kredit.

5. Tukarkan dan Bawa Uang Tunai

Sebelum bepergian ke luar negeri, penting bagi Anda untuk menukarkan uang rupiah Anda ke mata uang negara yang akan dikunjungi. Bukan di luar negeri, hal ini sebaiknya Anda lakukan di dalam negeri, setidaknya sepekan sebelum keberangkatan Anda.

Agar keuangan Anda aman selama perjalanan, lakukan perincian berbagai kebutuhan Anda selama di sana. Sehingga Anda bisa membawa uang tunai dalam jumlah yang tepat.

Membawa uang tunai seperti ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, sebab Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan urusan menukar uang atau bahkan mencari money changer di negeri tujuan nanti.

Uang tunai juga akan sangat dibutuhkan ketika Anda membeli barang yang memang dijual di toko-toko kecil atau pedagang kaki lima. Uang tunai pun perlu untuk membeli makanan yang tidak memungkinkan dibayar menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

6. Siapkan Juga Tas Ekstra untuk Membawa Barang Belanjaan

Jika Anda termasuk orang yang hobi belanja atau bahkan berencana untuk membeli berbagai barang selama berada di luar negeri, maka pastikan telah mempersiapkan tas ekstra sejak awal. Bawa kantong atau tas jinjing tambahan untuk barang-barang belanjaan, sebab sebagian besar toko tidak menyediakan kantong, dan kalaupun ada itu tidak gratis.

Anda bisa saja memilih satu koper berukuran sedang, atau bahkan yang berukuran besar sekaligus, agar bisa menampung semua barang dan belanjaan Anda selama bepergian ke luar negeri. Dengan begitu, Anda tidak perlu kebingungan atau bahkan kerepotan mencari koper tambahan untuk dibawa pulang. Daripada mengeluarkan uang tambahan untuk membeli koper baru, kan lebih baik uangnya disimpan untuk kebutuhan lain.

Belanjalah Barang yang Diinginkan dengan Cerdas dan Terencana

Berbelanja ketika sedang bepergian ke luar negeri tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, hal ini perlu Anda rencanakan dengan baik, agar keuangan tidak terganggu akibat aktivitas yang satu ini. Pastikan Anda merencanakan perjalanan dan juga aktivitas belanja dengan cerdas sejak awal, sehingga berbagai transaksi belanja Anda memberikan manfaat maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here