Berikut ini 5 Tips Berburu Durian di Sentra Kuliner Durian Kalibata

0
1316
Berikut ini 5 Tips Berburu Durian di Sentra Kuliner Durian Kalibata

JAKARTA, KOMPAS.com – Durian memang punya tempat khusus di hati para penggemarnya. Teksturnya yang tajam dan keras di luar, tetapi menimbulkan sensasi manis dan lembut di daging buah, sungguh membuat penikmat durian jatuh hati.

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai penghasil durian. Jakarta sebagai ibu kota Indonesia juga memiliki sentra durian yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan.

Sentra durian di Kalibata bernama Sentra Kuliner Durian Kalibata. Dahulu para penjual di sana tidak memiliki gerai permanen.

Mereka hanya menjajakan durian di sepanjang jalan depan Taman Makam Pahlawan Kalibata. Lima tahun belakangan, Pemerintah Daerah DKI Jakarta khususnya Pemkot Jakarta Selatan membangun tempat yang lebih layak dengan gerai permanen yang tertata.

Saat Kompas.com berkunjung Selasa (15/10/2019) pukul 11.00 WIB, Sentra Durian Kalibata masih sepi pengunjung lantaran hari kerja.

Menurut salah satu pedagang durian, Paul (30), biasanya waktu pengunjung paling padat adalah pukul 16.00-21.00 dan pada akhir pekan.

Ingin berburu durian dan menikmatinya langsung di Sentra Durian Kalibata? Kamu wajib simak tips-tips berikut ini:

1. Datang antara pukul 11.00-16.00 WIB

Pengalaman Kompas.com saat berkunjung ke tempat ini pukul 11.00 WIB pengunjung masih belum ramai. Para pedagang pun ada yang terlihat sedang merapikan gerainya, dan ada pula yang sedang menurunkan pasokan durian dari dalam mobil pick up.

Jika kamu penikmat mengkonsumsi durian dengan suasana sepi dan tak menginginkan keramaian, kamu patut datang di waktu-waktu ini. Terutama pada hari-hari biasa atau hari kerja, kamu bisa merasakan sensasi menikmati durian tanpa terganggu suara orang di sekitar.

2. Berkeliling gerai durian terlebih dulu

Sampai di Sentra Durian Kalibata, jika baru pertama kali ke sini, ada baiknya kamu berkeliling sejenak sembari memilih gerai mana yang cocok dengan kantongmu.

Terdapat 30 gerai di Sentra Durian Kalibata. 30 gerai tersebut terbagi atas 3 blok, yaitu Blok A, Blok B, dan Blok C. Masing-masing blok memiliki 10 gerai durian.

3. Lihat jenis durian di masing-masing blok

Sentra Durian Kalibata memiliki 3 blok gerai durian, yakni Blok A, Blok B, dan Blok C. Kamu sebaiknya mengenali setiap blok yang ada di sana agar memudahkan pemetaanmu terhadap durian mulai dari harga, jenis-jenis durian, hingga rasa.

Menurut salah satu pedagang di PD. Sumber Barokah, Dede, mengatakan bahwa Sentra Durian Kalibata terdiri dari 3 blok yaitu Blok A didominasi oleh pedagang asal Banten, Blok B dan Blok C berasal dari Karawang.

Pemantauan Kompas.com, jenis-jenis durian lebih lengkap berada di Blok B dan Blok C. Di sana menjual beragam jenis durian mulai dari Super Medan, Petruk, Musang King, Bawor, hingga Montong Lokal.

4. Jangan lupa untuk menawar harga durian

Kamu sudah menemukan gerai yang cocok dan lengkap, inilah saatnya kamu menawar harga durian. Gerai-gerai di Sentra Durian Kalibata ini memiliki harga durian yang berbeda.

Kabar baiknya, semua harga durian di sini dapat kamu tawar. Proses penting dalam transaksi jual beli ini dapat kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Tawarlah dengan harga sewajarnya, jangan terlalu rendah.

Kisaran harga durian di sini mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 165.000.

5. Sentra Durian Buka 24 Jam

Terakhir, jika kamu ingin menyantap durian di waktu yang tak biasa, sentra durian di Kalibata ini menjadi destinasi yang tepat.

Tempat ini buka 24 jam dalam satu minggu penuh. Dengan kata lain, gerai ini tidak kenal libur. Mereka selalu siap melayani kebutuhan masyarakat akan durian tidak kenal waktu.

Kamu bisa menyantap durian kapan saja dengan mengunjungi tempat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here