Berikut ini 5 Kedai Es Legendaris di Jakarta Pusat

0
1307
Berikut ini 5 Kedai Es Legendaris di Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com – Bicara soal sejarah es krim di Jakarta, tentu Jakarta Pusat rumahnya. Ada begitu banyak kedai es krim legendaris di Jakarta Pusat.

Lokasinya yang merupakan pusat pemerintahan dan perumahan elit sejak dahulu, membuat kedai es, khususnya es krim pertama kali muncul di daerah ini. Sampai sekarang ada beberapa kedai es legendaris yang bertahan di Jakarta Pusat.
–– ADVERTISEMENT ––

Bagi kamu penggemar es krim, lima kedai es legendaris ini dapat menjadi rute nostalgia sekaligus belajar sejarah makanan Jakarta. Berikut adalah kedai es krim legendaris di Jakarta Pusat:

1. Ragusa

Kalau bicara es krim di Jakarta, Ragusa wajib masuk. Sebab inilah kedai es krim bersejarah yang masih terus bertahan. Ragusa berdiri pada 1932 dan kini menjadi kedai es krim tertua di Jakarta

Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa. Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan.

Baru tahun 1847 Ragusa menetap di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat. Es krim unggulan di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana.

Jangan lupakan es krim spaghetti dengan penyajian dan bentuk ala spaghetti Italia yang tersohor.

Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala. Ini yang membuat pelanggan betah berlama-lama di Ragusa hanya untuk bernostalgia.

Kedai es krim Ragusa beralamat di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

2. Tropik

Di Pasar Baru Jakarta juga terdapat es krim legendaris yakni di Restoran Tropik. Walau menjual hidangan bersantap, ternyata es krim tetap menjadi hidangan andalan Restoran Tropik dari 1950-an.

Es krim di Restoran Tropik dibuat sendiri, sehingga membuat rasanya istimewa.

Tropik beralamat di Jalan Pasar Baru Nomor 28A, Jakarta Pusat.

3. Es Teler Sari Mulia

Masih di Jakarta Pusat, tepatnya di kompleks Bioskop Metropole, Cikini. Es Teler Sari Mulia adalah es teler legendaris di Jakarta yang masih ada sampai saat ini.

Es teler ini diketahui ada sejak 1960-an dan diklaim sebagai pembuat es teler pertama di Indonesia.

Hal yang menarik, gerai makanan di sebelah Es Teler Sari Mulia tak kalah legendaris, yakni Pempek Megaria. Penonton bioskop antar generasi di komplek ini pasti tidak asing dengan kedua hidangan ini

Es Teler Sari Mulia beralamat di Jalan Pengangsaan Barat Nomor 21, Komplek Megaria.

4. Tjan Njan

Dikenal pula dengan nama es krim Tjanang. Pertama kali dilucurkan tahun 1951 dengan kedai es krim di daerah Cikini. Sayang kini es krim Tjan Njan tak lagi memiliki kedai.

Sejak tahun 1991 kedainya tutup dan lokasinya kini berganti menjadi Hotel Cikini. Namun es krim Tjan Njan tetap bertahan, didistribusikan di beberapa rumah makan daerah Cikini.

Salah satunya di sebuah kios pempek yang berada di Jalan Cikini IV, patokannya sebelum rumah makan Gado Gado Bon Bin yang tak kalah legendaris. Bisa juga dibeli di Hotel Cikini.

Es krim Tjan Njan memiliki logo khusus yakni logo panda yang sedang mengacungkan jempol. Rasa kopyor dan durian menjadi favorit pelanggan sejak dahulu, termasuk keluarga Bung Karno dan Keluarga Cendana.

5. Baltic

Salah satu es krim legendaris di Jakarta yang didirikan dari 1939. Rasa es krim baltic sangat beragam mulai dari cokelat, vanila, stroberi, sampai rasa masa kini seperti green tea, peppermint tea, dan aneka buah tropis.

Baltic merupakan es krim zaman dulu yang berhasil berinovasi mengikuti perkembangan zaman, dengan dekorasi lebih modern dan penambahan varian rasa.

Baltic beralamat di Jalan Kramat Raya Nomor 12, Jakarta Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here