Berikut ini 3 Langkah Menjadi Kaya Menurut 150 Miliarder

0
1516
Berikut ini 3 Langkah Menjadi Kaya Menurut 150 Miliarder

NEW YORK, KOMPAS.com – Membangun kekayaan menjadi idaman banyak orang. Tentu banyaknya miliarder kerap menjadi potret mereka dalam memupuk kekayaan.

Mengadopsi kebiasaan dan strategi orang-orang kaya bisa membantu Anda menuju kekayaan, asalkan Anda mau berusaha.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (2/11/2019), penulis blog keuangan ESI Money bernama John, yang enggan membeberkan nama belakangnya, menghabiskan beberapa tahun terakhir mewawancara jutawan dan miliarder. Ia sendiri sebelumnya berkecimpung di dunia bisnis selama 28 tahun.

Menurut John, berdasarkan wawancaranya dengan 150 orang kaya, ada tiga langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kekayaan. Berikut uraiannya.

1. Tingkatkan potensi pendapatan Anda

John menemukan, sebagian besar miliarder menyadari bahwa pendapatan sangatlah penting.

“Membutuhkan waktu dan usaha untuk memperoleh banyak uang, jadi semakin cepat Anda memulai, semakin cepat pula menuai hasilnya,” kata John.

Artinya, Anda bisa mempertimbangkan pertumbuhan karier Anda, namun juga mengembangkan pekerjaan sampingan. Seiring berjalan waktu, keduanya bisa sama-sama tumbuh dan mendorong kekuatan pertumbuhan kekayaan Anda.

John mengatakan, banyak orang kaya mengawali pekerjaan dengan gaji kecil dan bekerja keras untuk mengembangkan keahlian yang dibutuhkan untuk menaikkan gaji mereka. Pun mereka mendiversifikasi pendapatan, biasanya dengan dividen investasi, pekerjaan sampingan, dan properti yang menghasilkan keuntungan.

2. Kendalikan pengeluaran Anda

Salah satu pola yang paling mengejutkan bagi John adalah sebagian besar orang kaya yang ia wawancarai tidak hidup boros. Namun, bukan berarti mereka tak pernah boros.

“Mengembangkan pengendalian diri atas pengeluaran sangat penting untuk menjadi kaya dan anggaran adalah alat terbaik untuk melakukannya,” ujar John.

“Meski hanya untuk beberapa tahun perjalanan keuangan Anda, kembangkan dan hidup sesuai anggaran setidaknya sampai Anda tahu bahwa Anda bisa mengelola nafsu belanja Anda,” imbuhnya.

John menuturkan, para miliarder masih melacak ke mana perginya uang mereka. Langkah ini penting agar dapat menabung dan berinvestasi sebanyak mungkin, caranya dengan tetap memastikan belanja dan pengeluaran dalam kondisi rendah.

3. Berinvestasilah sekarang

Bukti-bukti menunjukkan bahwa waktu selalu memihak Anda ketika berinvestasi.

“Sisihkan sebanyak-banyak uang sedini dan sesering mungkin,” terang John.

Menurut dia, para miliarder sangat menyukai investasi sederhana. Mereka juga memilih instrumen investasi pasif guna diversifikasi dan meminimalisir risiko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here