Berikut 8 Galaksi Aneh di Alam Semesta

0
1321
Berikut 8 Galaksi Aneh di Alam Semesta

KOMPAS.com – Ada 100 sampai 200 miliar galaksi di alam semesta. Dengan jumlah yang masif tersebut, beberapa galaksi terkenal unik.

Ada yang kanibal alias memakan galaksi lainnya, ada juga yang berbentuk unik salah satunya ubur-ubur. Dikutip dari Space.com, berikut 8 galaksi unik di alam semesta.
Galaksi ubur-ubur

Galaksi ESO 137-001 merupakan galaksi yang tampak seperti ubur-ubur. Terletak di konstelasi Triangulum Australe, galaksi ini ditahan oleh galaksi spiral.

Dan mereka bersama-sama membentuk spiral dengan pusat berbentuk bar yang berputar, serta mengambang seperti tentakel ubur-ubur.

Menurut NASA, galaksi ini terbentuk dari bintang-bintang di ekor debu dan gas yang tidak terlihat oleh mata telanjang yang mengalir dari ESO 137-001 sendiri.

Proses pembentukan galaksi ini memang sedikit misteri karena gas di ekor debu harus panas untuk pembentukan suatu bintang.
Galaksi zombie

MACS 2129-1 dikenal sebagai “dead galaxy” karena bintang-bintang di galaksi ini tidak terbentuk lagi.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada 2017 menunjukkan bahwa galaksi ini entah bagaimana mengatur ulang strukturnya daripada mengubah bentuk seiring bertambah usia untuk bergabung dengan galaksi lain.
Galaksi kanibal

Ada juga galaksi Andromeda, tetangga terbesar bumi yang menurut penelitian 2019, telah melahap galaksi yang lebih kecil setidaknya selama 10 miliar tahun.

Dan dalam 4,5 miliar tahun lagi, diperkirakan galaksi ini akan bertabrakan dengan galaksi Bima Sakti. Akan tetapi belum dapat dipastikan siapa yang akan melahap siapa dalam tumpukan kosmik tersebut.

Sayangnya, penduduk bumi tidak akan menyaksikan bentrokan ini terjadi. Karena mustahil bumi tetap ada sekitar 1 miliar hingga 5 miliar tahun dari sekarang dengan kondisi matahari yang memanas.
Galaksi pencuri

Galaksi yang dikenal paling terang di alam semesta adalah galaksi W2246-0526. Pada tahun 2018, para ilmuwan yang mengamati galaksi mengumumkan bahwa galaksi ini menyedot setengah massa dari tiga galaksi terdekatnya.

Memang, galaksi sering berinteraksi satu dengan yang lain dan membuat tetangga mereka berubah menjadi bentuk baru, mencuri bintang, dan melanjutkan “kejahatan” lainnya.
Galaksi mata

Galaksi IC 2163 tampak berbentuk seperti sebuah mata besar yang mengintip ke luar angkasa. Bentuk ini sebenarnya adalah aliran besar dari bintang dan debu yang dihasilkan ketika IC 2163 menyapu galaksi spiral lain.

Para peneliti menemukan bahwa bentuk ini ada karena gas dari IC 2163 berlomba menuju pusat galaksi dengan kecepatan 62 mil/detik (100 km/detik) sebelum saling menabrak dan melambat.

Dan menurut astronom Michele Kaufman, bentuk ini hanya akan bertahan dalam beberapa puluh juta tahun.
Galaksi dua hati

Kebanyakan galaksi hanya mengandung satu lubang hitam supermasif di pusatnya. Tapi berbeda dengan NGC 7674 yang memiliki dua lubang hitam.

Kedua lubang hitam ini sendiri terpisah satu tahun cahaya dan sepertinya, galaksi yang berjarak 400 juta mil dari bumi ini mengumpulkan lubang hitam cadangan dan kemudian merger dengan galaksi lain.

Satu-satunya galaksi lain yang memiliki dua lubang hitam di pusatnya adalah galaksi supermasif yang disebut 0402 + 379.
Galaksi berbeda

Kebanyakan galaksi yang diamati oleh ilmuwan nampak bergerak jauh dari bumi, karena memang, luar angkasa masih berkembang. Tetapi tidak dengan Messier 90. Galaksi spiral yang berjarak 60 juta tahun cahaya ini bergerak menuju Bima Sakti.

Pergerakan galaksi ini condong ke ujung biru spektrum cahaya. Dan objek yang bergerak menjauhi bumi mengalami pergeseran merah, yang berarti emisi cahayanya ditimbang menuju merah.

Messier 90 sendiri merupakan bagian dari kelompok galaksi yang disebut Virgo Cluster. Galaksi ini dapat dilihat dari belahan bumi utara pada bulan Mei dengan teleskop atau teropong.

Dan menurut NASA, galaksi ini berada diantara rasi bintang virgo dan leo.
Galaksi Populer

Bima sakti mungkin merupakan galaksi yang populer, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membuatnya tidak aneh. Karena ternyata, galaksi ini merampas galaksi tetangganya.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2019, para astronom melaporkan bahwa empat galaksi kecil dan dua galaksi besar (dikenal sebagai Corina dan Fornax) digunakan untuk mengorbit Awan Magellan Besar yang berjarak 163.000 tahun cahaya dari galaksi ini.

Sekarang, keenam galaksi ini sepenuhnya dimiliki oleh Bima Sakti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here