Berbagi Tips untuk Fresh Graduate yang Mau Nego Gaji

0
1836
Berbagi Tips untuk Fresh Graduate yang Mau Nego Gaji

Negosiasi gaji sering jadi kendala fresh graduate alias lulusan baru saat melamar kerja. Alasannya, para lulusan baru dinilai belum memiliki pengalaman yang mumpuni.

Fresh graduate bisa saja nego gaji asal tahu tipsnya. Partnership Associate Kalibrr, Derrel Marvianus, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan pekerja lulusan baru saat nego gaji.

“Pertama, lakukan riset terhadap kisaran gaji untuk posisi yang dilamar. Ini penting agar pelamar khususnya lulusan baru tidak asal mengajukan angka yang diinginkan,” katanya saat dihubungi kumparan, Senin (30/9).

Selain itu, para lulusan baru tadi diminta untuk memamerkan skill terlebih dahulu. Hal ini supaya nilai tawar pelamar lulusan baru bisa tinggi di mata perekrut.

“Sebutkan saja skill yang dimiliki. Apapun posisi yang dilamar, penting untuk memamerkan skill agar perekrut tahu kualitas diri pelamar,” tambahnya.

Terakhir, para pelamar disarankan agar mengikuti juga standar perusahaan. Jawaban ini memang cukup diplomatis, namun tetap memberi kesan tak ngotot saat melamar kerja.

“Pelamar masih bisa negosiasi gaji ketika kurang pas. Tapi, enggak udah ngotot untuk dapat gaji besar. Yang penting sudah ada pengalaman dari pekerjaan pertamamu dulu,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here