Begini Cerita Orangtua Tak Sehari Pun Berhenti Mencari Del Piero

0
1522
Begini Cerita Orangtua Tak Sehari Pun Berhenti Mencari Del Piero

JAKARTA, KOMPAS.com – Muhammad Del Piero (12), bocah yang hilang selama enam minggu, kini sudah kembali ke rumah usai ditemukan berada di daerah Klender, Jakarta Timur, pada Sabtu (12/10/2019).

Dian Kristian (36), ayah kandung dari Del Piero mengatakan, anaknya yang hilang bersama temannya bernama Rian itu, ditemukan di Klender dalam kondisi telah dirawat warga setempat selama sekitar tiga minggu.

“Mereka sebelum dirawat warga, itu tinggalnya di pos-pos RW, pos ormas gitu tapi enggak di emperan toko,” kata Dian saat ditemui di kediamannya, Rumah Susun (Rusun) Albo, Cakung, Jakarta Timur, Senin (14/10/2019).

Hilang enam minggu, Del Piero dan Rian memenuhi kebutuhan makan dengan mengamen di jalanan. Dian menduga anaknya mengamen dengan berjalan kaki dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dian mengaku, selama enam minggu dirinya tak pernah berhenti sehari pun untuk mencari anaknya. Sejumlah tempat di wilayah Jakarta dan Bekasi sudah dikunjunginya, namun hasilnya nihil.

Hingga akhirnya Dian dihubungi salah satu warga Klender yang merawat Del Piero dan Rian. Warga tersebut mengetahui informasi hilangnya kedua bocah itu dari Facebook.

“Saya sudah cari ke mana-mana bawa motor, sudah lapor polisi juga enggak ada kabar. Sampai akhirnya dihubungi orang Klender bahwa anak saya ada di sana, ya sudah langsung saya jemput,” ujar Dian.
Mengamen demi main warnet

Selama enam minggu menghilang, Del Piero dan Rian hanya mengamen dan bermain game di warnet. Uang yang didapat dari mengamen digunakan mereka untuk main di warnet.

Kebutuhan makan pun dapat terpenuhi dari hasil mengamen. Kendati demikian, Dian menyakini anaknya nekat kabur dari rumah karena diajak Rian untuk mengamen dan main di warnet.

Dian membenarkan bahwa anaknya memang suka bermain di warnet. Namun, anaknya itu pendiam dan tidak pernah berbuat masalah. Dia yakin betul anaknya hilang karena ajakan Rian.

“Anak saya itu diajak ngamen sama Rian itu untuk main game di warnet. Dia memang suka main game di warnet tapi enggak candu, yang candu itu Rian itu,” ujar Dian.
Hilang karena terhasut teman

Dian yakin anaknya hilang karena terhasut ajakan Rian untuk mengamen dan main di Warnet. Dia mengatakan, anaknya telah menjadi korban pergaulan yang salah dalam pertemanan.

“Anak saya itu diajak sama si Rian, anak saya itu enggak seperti itu orangnya. Dia cuma diajak terus mau-an aja. Aslinya mah dia suka main di warnet tapi enggak candu, yang candu itu Rian,” ujar Dian.

Selama hilang, Del Piero sempat mengeluh ingin pulang. Namun, keinginan untuk pulang itu tidak didukung Rian.

“Saya tanya ke anak saya kenapa tidak pulang, anak saya bilang ‘saya mau pulang tapi sudah kemalaman takut, terus tidak tahu jalan yah, sama Rian juga tidak boleh pulang, sudah tidak usah pulang kita di sini saja main-main’. Anak saya kalau tahu jalan pasti pulang sendiri,” ujar Dian.
Del Piero akan pindah sekolah

Pascakasus hilangnya anaknya, Dian mengatakan, dirinya beserta istri akan memindahkan Del Piero dari sekolahnya ke sekolah yang letaknya tidak jauh dari rumah.

Hal itu dilakukan Dian agar Del Piero tak lepas dari pantauannya. Selain itu, agar anaknya tidak lagi dekat dengan Rian.

Sebab, kata dia, Del Piero hilang usai pulang sekolah karena diajak Rian untuk main di warnet.

Letak sekolah Del Piero dan Rian pun sebenarnya berbeda, tetapi hanya berseberangan. Hal itu membuat keduanya mudah bertemu dan main bersama.

“Iya dia mau saya pindahin dari sekolahnya ke yang dekatan saja di sini. Biar jauh juga sama si Rian enggak kabur-kaburan lagi,” ujar Dian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here