Begini Cara Tentara AS Bisa Tidur dalam Waktu 2 Menit

0
1842
Begini Cara Tentara AS Bisa Tidur dalam Waktu 2 Menit

Angkatan militer Amerika Serikat punya metode unik membuat seseorang mudah terlelap. Cara tersebut tengah menjadi perbincangan hangat di internet baru-baru ini.

Semua bermula dari sebuah buku berjudul ‘Relax and Win: Championship Performance’ yang dirilis pada 1981 lalu. Buku karya Sharon Ackman ini memberitahu kepada pembaca tentang manfaat tertidur dalam waktu dua menit, sebuah kebiasaan yang dilakukan militer AS.

“Sekolah pra-penerbangan Angkatan Udara AS mengembangkan metode ilmiah untuk tidur siang dan malam dalam kondisi apa pun, dalam waktu kurang dari dua menit,” tulis Ackman, seperti dikutip IFL Science. “Setelah enam pekan menjalani masa latihan, 96 persen pilot bisa tertidur dalam dua menit atau kurang. Bahkan setelah minum kopi dengan diiringi suara tembakan.”

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengosongkan pikiran. Kemudian kendurkan semua otot di wajah.

Selanjutnya, buat kondisi bahu dan lenganmu serelaks mungkin. Lalu tarik napas dalam-dalam, setelah itu regangkan kakimu. Setiap langkah tersebut harus dilakukan secara berurutan.

Barulah pada 10 detik berikutnya, kamu bisa menjernihkan pikiran sepenuhnya. Bayangkan kamu tengah berbaring di sebuah ruangan tanpa cahaya, di atas sofa empuk yang membuatmu nyaman. Jika sulit membayangkannya, cukup katakan ‘jangan berpikir’ berulang-ulang karena itu bisa sedikit membantu.

Setelah melakukan setiap langkah yang dianjurkan tersebut, maka mulailah untuk memejamkan mata. Menurut Ackman, teknik ini sangat bermanfaat bagi orang-orang militer yang tengah menghadapi situasi berbahaya atau saat mereka membayangkan betapa menakutkannya situasi di medan perang.

Dalam studi baru yang diungkap di European Society of Cardiology Congress pada September 2019 lalu, terungkap bahwa tidur dengan durasi enam hingga sembilan jam setiap malam bisa menjaga kesehatan jantung. Sementara riset lain di The Journal of Neuroscience disebutkan pula kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kedua penelitian ini sama-sama ingin mengatakan betapa pentingnya manfaat tidur.

Metode tidur singkat ala pasukan militer AS ini pun bisa dengan mudah kamu praktikkan di rumah. Terutama buatmu yang kerap mengalami susah tidur atau yang tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat dengan durasi yang ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here