Apple Hapus 17 Aplikasi di App Store

0
1525
Apple Hapus 17 Aplikasi di App Store

jpnn.com, JAKARTA – Apple dilaporkan telah menghapus 17 aplikasi dari App Store karena mengalami masalah. Para peneliti keamanan menemukan bahwa ke-17 aplikasi itu sudah terinfeksi dengan malware.

Keberadaan malware itu berhasil ditemukan oleh sebuah perusahaan keamanan bernama Wandera. Kemudian hasil termuan ini dipublikasikan di AppAspect Technologies.

Pada dasarnya, semua aplikasi itu memang menjalankan apa yang mereka tuliskan dalam deskripsi aplikasi. Namun di balik itu, mereka juga menemukan ada aktivitas yang berjalan di background aplikasi tersebut.

“Modul klik trojan ditemukan dalam kelompok aplikasi. Modul ini dirancang untuk menjalankan tugas penipu seperti terus menerus membuka halaman web atau mengakses link tanpa interaksi penggunanya,” kata Wandera dalam penjelasannya seperti dilansir Digital Trends, minggu (27/10).

Biasanya, trojan jenis itu digunakan untuk mendatangkan keuntungan bagi penyerang. Trojan ini akan memanfaatkan pay-per-click dengan menysyup ke sistem trafik sebuah website.

Virus jenis itu juga dapat digunakan untuk menghabiskan anggaran pesaingnya dengan menambah jumlah saldo yang dipinjamkan.

Untungnya, para pengguna iPhone tidak perlu cemas akan pencurian data pribadi mereka. Jenis ini hanya akan memperlambat performa sebuah ponsel dan menggunakan kuota data tanpa izin penggunanya.

Aplikasi ini berhasil melewati sistem keamanan App Store karena kegiatan di background itu tidak terdapat dalam kode aplikasi, melainkan diaktifkan melalui kontak jarak jauh.

Adapun beberapa aplikasi yang dimaksudkan di sini adalah: RTO Vehicle information, EMI Calculator & Loan Planner, File Manager-Documents, Smart GPS Speedometer, CrickOne-Live Cricket Scores, Daily Fitness-Yoga Poses, FM Radio PRO-Internet Radio,My Train Info-IRCTC & PNR, Around Me Place Finder, Easy Contacts Backup Manager, Ramadan Times 2019 Pro, Restaurant Finder-Find Food, BMT Calculator PRO-BMR Calc, Dual Account Pro, Video Editor-Mute Video, Islamic World PRO – Qibla, Smart Video Compressor. (mg9/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here