9 Makanan Khas Surabaya untuk Menu Sarapan

0
1397
9 Makanan Khas Surabaya untuk Menu Sarapan

TRIBUNTRAVEL.COM – Rekomendasi kuliner khas Surabaya untuk menu sarapan dan makan siang ketika kamu sedang berada di Surabaya, Jawa Timur.

Kuliner khas Surabaya memiliki berbagai macam varian menu pilihan dari Sego Babat Usus Dukuh Kupang, Lontong Mi, Rujak Cingur hingga Bubur Ayam.

Dilansir dari berbagai sumber, Tribun Travel merangkum 9 daftar kuliner khas Surabaya apabila kamu akan sarapan atau makan siang di Surabaya.

1. Sego Babat Usus Dukuh Kupang

Kedai Sego Babat Usus Dukuh Kupang buka dari jam 06.00 dan sebelum pukul 10.00 sudah habis karena banyaknya orang yang sarapan di tempat ini.

Terletak di Jalan Dukuh Kupang, tepatnya di halaman sekolah Gosyen Sego Babat Usus ini mempunyai porsi yang cukup untuk mengenyangkan perutmu.

Dalam satu porsinya, kamu bisa mendapatkan babat yang sudah dipotong kecil-kecil namun tak sedikt yang disajikan dengan taburan serundeng.

2. Lontong Mi dan Rujak Cingur “Mak Rufah”

Pilihan selanjutnya untuk sarapan pagi adalah Lontong Mi dan Rujak Cingur dari Mak Rufah yang punya rasa ga kalah nikmatnya.

Terletak di Jalan Pengampon, Surabaya Lontong Mi dan Rujak Cingur “Mak Rufah” buka dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Cita rasa lontong mi nya sangat nikmat dengan aroma wangi petis pada kuahnya, kamu juga bisa menambah potongan tulang lunak agar lebih sempurna.

3. Soto Ayam Hartono

Soto Ayam Hartono yang terletak di Jalan Mas Soejoto 1 Genteng Surabaya ini sudah terkenal karena kelezatannya.

Oleh sebab itu banyak orang yang rela mengantre untuk mendapatkan satu porsi Soto Ayam ini.

Soto dengan kuah kental dengan rasa dari bumbu yang pas tentu tidak akan kamu lewatkan untuk dicicipi.

Soto ayam ini juga ditambahkan seledri, soun, irisan telur, dan juga taburan keripik kentang yang bikin soto lebih nikmat.

4. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut sudah ada sejak 1958 sehingga sudah dikenal di seluruh Surabaya dan selalu dipenuhi oleh banyak pengunjung.

Warung Lontong Balap Pak Gendut ini ada di Jalan Kranggan 60, Surabaya.

Satu porsinya berisi Irisan tipis tahu berpadu dengan lontong balap dan lenthonya yang melimpah dipadukan dengan sate kerang yang nikmat.

5. Soto Ayam Cak Har

Warung Soto Cak Har terketak di jalan Arif Rahman Hakim di Sukolilo, Surabaya.

Soto dengan kelezatan yang sudah melegenda ini tidak pernah serpi oleh pengunjung.

Soto Ayam Cak Har adalah warung soto ayam lamongan dengan cita rasa yang sangat lezat, kuah sotonya sangat kental karena terbuat dari santan.

6. Nasi Kuning Avon

Warung Nasi Kuning Avon salah satu cabangnya berada di kawasan Darmo, salah satu tempat yang ramai dikunjungi ketika waktu sarapan pagi.

Nasi kuning yang gurih dipadukan dengan berbagai lauk dan juga tamburan serundeng dan bawang goreng menjadi perpaduan rasa yang istimewa.

7. Bubur Ayam Elizabeth

Bila kamu ingin menikmati Bubur Ayam untuk sarapan pagimu, Bubur Ayam Elizabeth menjadi satu tempat yang direkomendasikan.

Bubur Ayam Elizabeth yang terletak di Jalan Imam Bonjol Tegalsari Surabaya ini buka mulai pukul 07.00 WIB.

Dalam satu porsinya berisi bubur ayam yang ditaburi dengan suwiran daging ayam dan potongan cakwe, juga kacang tanah goreng, bawang goreng serta daun bawang.

Kamu juga bisa menambahkan kerupuk udang dan emping sehingga rasanya makin luar biasa.

8. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomen merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate pada umumnya.

Perbedaannya dengan sate lain adalah pada irisan sate yang lebih besar dan juga mendapat tambahan dari kelapa yang disangrai.

Inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen memiliki cita rasa yang lebih gurih.

Sate Klopo Ondomohen bisa ditemui di Jalan Walikota Mustajab no. 36, Surabaya.

Harga yang ditawarkan oleh seporsi Sate Klopo Ondomohen hanya dibanderol dengan Rp 20 ribu.

9. Tahu Campur Kikil

Disajikan dalam sebuah mangkuk lalu dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal.

Uniknya di Tahu Campur H Abdul Mahfud Surabaya ini kamu bisa menjumpai toping tambahan yaitu kikil super kenyal dan empuknya, penasaran mau coba?

Kikil Sapi H Abdul Mahfud terletak di Jalan Kalasan 22 Surabaya yang Buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Harga satu porsinya dibanderol dengan harga mulai Rp 20 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here