5 Makanan Khas Blora yang Wajib Kalian Coba

0
1675
5 Makanan Khas Blora yang Wajib Kalian Coba

KOMPAS.com – Blora ibarat tempat bermain bagi para penggila kuliner Indonesia. Makanan khas Blora yang terkenal adalah sate. Di luar Blora, sate ini dikenal dengan sebutan “sate Blora”.

Namun, ada begitu banyak pilihan makanan di Blora. Satu hal yang menarik kebiasaan orang Blora menggunakan daun jati sebagai alas makan.

Pohon jati merupakan pemandangan lazim di kabupaten ini. Bisa dibilang, Blora seakan berada di tengah hutan jati.

Nah, jika berkesempatan berkunjung ke Blora, berikut beberapa makanan yang patut kamu coba:

1. Serabi

Jika serabi identik dengan rasa manis, serabi di Blora didominasi rasa gurih. Orang Blora yang umumnya senang rasa gurih dan pedas, seakan tergambar pada serabi ini.

Rasa gurih santan berpadu dengan tepung beras. Teksturnya yang lembut namun padat dengan selintasan aroma bakar dari cara memasaknya yang menggunakan priuk tanah liat.

Uniknya, serabi disuguhkan dengan alas daun jati. Ada dua jenis serabi di Blora yaitu disiram saus santan dan taburan kelapa sangrai. Biasanya serabi cocok dinikmati sebagai sarapan.

Ada banyak warung serabi di Blora, salah satunya serabi Biandono. Nama ini melekat karena lokasi warung berada di depan perempatan di Biandono.

2. Nasi Pecel

Seperti serabi, nasi pecel ini nikmat dimakan sebagai sarapan. Nasi diberi siraman saus kacang dan diberi aneka lauk.

Tentu saja, wadahnya adalah pincuk alias piring yang terbuat dari daun jati. Lauknya beragam, bisa aneka sayuran, tempe goreng, cumi, atau sayur nangka.

Ada banyak warung nasi pecel. Salah satunya yang terkenal adalah Warung Pecel “Mak Tirah”.

3. Lontong Opor Ayam

Ayam kampung dimasak dalam bumbu dan santan. Opor ayam yang menggugah selera makan. Ayam dengan tekstur lembut dan mudah lepas, berpadu dengan pedas dan hangatnya kuah santan kenal.

Semakin nikmat disantap dengan potongan lontong. Warung lontong opor ayam yang terkenal di Blora adalah di Rumah Makan Opor Ngloram Pak Pangat.

4. Sate

Blora identik dengan sate. Ada beberapa pilihan sate, yaitu sate ayam, sate jagal atau sate sapi, dan sate kambing.

Salah satu ciri khas sate blora adalah bumbu kacangnya yang halus karena menggunakan kacang sangrai yang digiling beberapa kali secara manual.

Selain itu, sate biasanya disajikan bersama piring yang diberi alas daun jati, serta kuah soto. Salah satu warung terkenal yang menjual sate adalah Sate Pak Daman di Jl Gunung Sindoro, Blora.

5. Wingko

Wingko kerap jadi oleh-oleh khas Blora. Wingko cepu terkenal dengan bentuknya yang bulat dan besar, kira-kira selebar telapak tangan orang dewasa.

Dekat Stasiun Cepu terdapat sentra pembuatan wingko. Ada banyak penjual di kawasan ini, salah satunya adalah Wingko Babat Cap “Spoor Lokomotif” yang berada di Jalan Depo, Doro, Cepu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here